Kampung Ratmakan Rayakan Hari Anak Sedunia


Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November, Kampung Ratmakan RW 07, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta mengadakan berbagai kegiatan seperti karawitan, sanggar parade senja serta pameran satwa dari berbagai komunitas satwa di Kota Yogyakarta Sabtu (20/11). Kegiatan ini menjadi ajang mempromosikan seni dan budaya Kota Yogyakarta dan meningkatkan kesejahteraan anak dengan melibatkan perwakilan 50 siswa siswi SD, SMP, dan SMA di Kota Yogyakarta.

Menurut Ketua Forum Anak Ratmakan Putri Lestari dalam memberikan edukasi di Sanggar Parade Senja anak-anak diajarkan  tata krama, budaya jawa dan juga memaparkan unggah ungguh. 

" Di Kampung Ratmakan juga terdapat sejarah dari fotografer pribumi pertama yang ia tinggal di RW 07 Ratmakan, yakni Kassian Chepas. Dengan adanya hal tersebut, kami dengan semangat dan penuh perjuangan memperjuangkan ratmakan sebagai kampung wisata yang maju," kata Putri

Putri mengatakan, anak-anak juga diajarkan bagaimana cara merawat hewan di beberapa titik yang tersebar di area tersebut antara lain posko hewan kucing, posko ular, sugar glider, berang-berang, musang, anjing golden, aneka ikan hias.

'' Ini merupakan mini zoo yang kami buat untuk memperkenalkan kepada anak-anak berbagai macam hewan. Anak-anak juga akan diberikan edukasi mengenai cara membuat nugget, dan akan kami ajak mengenal sanggar seni bima jaya serta yang terakhir ke ruang terbuka hijau  untuk mengenal burung dan ayam,"  tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, serta OPD terkait dalam rangkaian kegiatan tersebut. 

Wakil Walikota Kota Yogya Heroe Poerwadi mengatakan, untuj Kota Yogyakarta sendiri merupakan Kota Layak Anak (KLA) kategori utama ini merupakan kebanggan semua agar kota ini menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

" Terimakasih untuk semuanya sudah terlibat dalam kegiatan ini. Mari bersama-sama menghibur dan mengedukasi anak-anak terutama dalam seni dan budaya," ungkap Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Meskipun acara dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak, Heroe berharap semua tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. "Kegiatan hari anak ini semoga semakin mengokohkan Kota Yogyakarta agar semakin sejahtera dan mengajak anak-anak menjadi generasi emas di masa mendatang," jelasnya. (Hes)