Pemkot Yogya Berikan Penghargaan Lima Bangunan dengan Sistem Proteksi Kebakaran Terbaik

Untuk menjamin penerapan proteksi kebakaran di bangunan yang ada di Kota Yogya Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) menyelenggarakan Inspeksi Damkarmat 2021 di 40 lokasi. 

Kepala Dinas Damkarmat Kota Yogya, Octo Noor Arafat mengatakan, 40 lokasi bangunan tersebut meliputi bangunan hotel, cagar budaya, obyek vital, tempat usaha, instansi pemerintah, tempat usaha, pabrik, dan bank.

Ia menjelaskan tujuan acara tersebut adalah untuk mengedukasi stake holder tentang sistem proteksi kebakaran yang ideal dan memenuhi syarat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

"Selain itu juga memberikan wawasan mengenai mekanisme pengawasan sistem proteksi kebakaran," katanya di 101 hotel, Selasa (23/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut Dinas Damkarmat Kota juga memberikan penghargaan kepada 5 bangunan yang dinilai memiliki sistem proteksi kebakaran terbaik. 

5 bangunan tersebut adalah kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, the 101 Yogyakarta Tugu Hotel, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, PT Jonatan Bintang Utama, dan PT Sarihusada Generasi Mahardhika. 

"Kelima bangunan ini memiliki sistem proteksi aktif maupun pasif. Untuk sistem proteksi aktif mencangkup peralatan, kelengkapan sarana dan prasarana baik yang terpasang untuk mendeteksi dan mendukung penanggulangan kebakaran," jelasnya. 

Sedangkan sistem proteksi kebakaran pasif meliputi rancangan bangunan dan komponen yang digunakan untuk memproteksi bangunan tersebut dari ancaman kebakaran.  

Penghargan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, ia mengungkap ancaman bahaya kebakaran di Kota Yogya hingga saat ini masih merupakan suatu bahaya yang harus ditanggulangi secara menyeluruh, sistematis, efektif, dan terus menerus.  

Untuk itu, katanya, demi memenuhi syarat safety fire, suatu bangunan khususnya bangunan dengan ukuran sedang dan tinggi harus memiliki sarana penyelamatan jiwa, akses pemadam kebakaran, sistem proteksi kebakaran dan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG). 

Pihaknya berharap dengan adanya penghargaan tersebut dapat memberikan motivasi kepada pengelola bangunan yang ada di Kota Yogya untuk terus meningkat sistem proteksi kebakaran untuk gendungnya.

"Pencegahan dan proteksi kebakaran bukan hanya tugas Dinas Damkarmat saja, melainkan tugas dan tanggung jawab kita bersama, dan semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh peserta untuk terus meningkatkan proteksi bahaya kebakaran di bangunan yang ditempatinya," ujarnya. (Han)