Pemkot Ajak Ormas Bermitra Dalam Pembangunan Kemasyarakatan

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyelenggarakan Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dengan topik Meningkatkan Kemandirian Ormas Sebagai Mitra Pemerintah pada Senin (22/11) di Hotel Jambuluwuk Malioboro, Yogyakarta. Narasumber dalam Pembinaan tersebut Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Staf KODIM 0734 Yogyakarta Letkol. Tjatur Supriyono, Jaksa Madya/Jaksa Fungsional Semi Hastuti.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa Organisasi kemasyarakatan merupakan sarana penyaluran aspirasi masyarakat yang didirikan serta disepakati keberadaannya oleh kelompok masyarakat tertentu.

“Keberadaan Ormas sangat penting dan strategis dalam membantu pembangungan di daerah baik dalam perencanaan pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang maupun sebagai partisipan pembangunan melalui usulan dan karya yang dilakukan,” kata Heroe

Heroe juga menyampaikan bahwa dalam perjalanan pembangunan dimungkinkan adanya berbagai perspektif yang muncul di masyarakat termasuk Ormas. Perspektif yang berbeda itu akan memperkaya Pemkot dalam melaksanakan program pembangunan yang dilaksanakannya oleh karena itu melalui berbagai forum hendaknya Ormas menyampaikan perspektif tersebut.

“Sampaikan masukan terkait program pembangunan dalam forum-forum dari mulai Kelurahan, Kemantren dan Pemkot agar Ormas tampil mewarnai dalam setiap kebijakan pembagungan diberbagai jenjang pemerintahan,” imbuh Heroe.

Kepala Badan Kesbangpol Budi Santosa juga menyampaikan bahwa kegiatan Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman tentang rasa, jiwa dan semangat kebangsaan rela berkorban sesuai yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila , UUD 1945 dan Pancasila.

“Pemberdayaan dan penguatan kapasitas ormas, secara transparan dan akuntabel akan mendukung kemandirian dan profesionalisme Ormas dalam pembangunan bangsa di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi,” papar Budi.

Selanjutnya Budi menyampaikan bahwa Pembinaan Organisasi Masyarakat juga bertujuan untuk memperkokoh semangat persatuan dan Kesatuan berbangsa serta rela berkorban dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang rukun damai, demokratis, berkeadilan, sejahtera, maju dan memiliki moral dan etika dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu peserta Haryawan Emir mengutarakan Pembinaan Ormas sangat bermanfaat dan bisa menjadi wahana silaturahmi dan komunikasi antar Ormas di Kota Yogyakarta.

“Melalui komunikasi antar Ormas bisa saling bekerjasama dalam melaksanakan program masing-masing maupun dalam kolaborasi program antar Ormas,” jelas Emir.

Selain kegiatan Pembinaan yang di dalam kelas, juga diperlukan kegiatan yang langsung bersinggungan dengan masyarakat, misal bakti sosial Ormas se-Kota Yogyakarta. Hal itu juga merupakan wahana edukasi dan sosialisasi keberadaan Ormas di masyarakat jelas Emir lebih lanjut. (ant)