Wawali Resmikan TK Negeri 7,8 dan 9 Kota Yogya


Bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional 2021, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmikan secara virtual tiga sarana pendidikan yang berubah status menjadi sekolah negeri di Kota Yogyakarta, Kamis (25/11) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. Sarana Pendidikan tersebut yakni TK Negeri 7, TK Negeri 8, dan TK Negeri 9 Yogyakarta. Keberadaan tiga TK ini diharapkan mampu memperkuat citra Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan.

Sebelumnya TK Negeri 7 adalah TK Persatuan Wanita Surokarsan (PWS) Surokarsan yang berada di Jalan Suparman, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan. Lalu untuk TK Negeri 8 dulunya adalah TK Buyung berada di Jalan Wiratama, Kelurahan Tegalrejo Kemantren Tegalrejo.

 TK Negeri 9 awalnya merupakan TK Kuncup Mekar ini berada di Jalan Tegalmulyo, Kelurahan Pakuncen, Kemantren wirobrajan.

Peresmian ketiga sekolah ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Walikota Yogyakarta sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas mulai dari usia dini.

'' Kami percayakan dan menaruh harapan besar kepada bapak ibu guru yang ikut mengelola TK dan seluruh elemen masyarakat sekitar untuk dapat memelihara dan memanfaatkan fasilitas ini. Ketiga TK ini akan menjadi sarana dalam proses edukasi dan pembentukan karakter para pribadi yang di masa depan yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat dan Kota Yogyakarta," ujar Wawali.

Selain itu, peresmian ini juga sekaligus mendukung pencapaian misi keempat Pemerintah Kota Yogyakarta yang tertuang dalam RPJMD 2017 – 2022 yaitu meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, sosial, dan budaya. 

'' Saya berharap nantinya anak-anak dapat diberikan ilmu  adat sopan santun jawa yang mulai dimasukkan dalam kegiatan sehari hari. Sehingga anak-anak memiliki  kemampuan menyerap secara dini berbagai hal kekuatan dan karakter seni budaya  di Kota Yogyakarta," jelasnya.

Peresmian ketiga sekolah tersebut juga ditandai dengan pembukaan selubung papan nama di masing-masing TK. Dengan peresmian ini diharapkan dapat menyiapkan generasi di masa mendatang yang unggul bagi kebaikan bangsa dan negara, dan memiliki karakter seni budaya  Kota Yogyakarta. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santoso Asrori mengungkapkan, peresmian ini berdasarkan Surat Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 473 Tahun 2021 tentang Pendirian TK Negeri 7,8 dan 9 di Kota Yogyakarta. Dengan demikian di Kota Yogyakarta tahun 2021 secara resmi telah memiliki 9 TK Negeri. Dengan adanya TK Negeri ini diharapkan pendidikan untuk paud  dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

" Ini merupakan tantangan tersendiri baik bagi peserta didik, orang tua atau wali murid, pembuat kebijakan di bidang pendidikan, dan tentunya bagi bapak ibu guru yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pendidikan. Dimana pada masa pandemi ini kita harus menyesuaikan kondisi dan situasi yang ada dan selalu menerapkan protkes dimanapun dan kapanpun," jelasnya. (Hes)