Zona Jelajah Menara Eiffel Baru, Sugguhkan Informasi Lengkap Menara Eiffel dan Kota Paris

Sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengembangan wawasan di bidang teknologi bagi wisatawan, Taman Pintar Yogyakarta kembali menghadirkan zona baru, zona tersebut adalah zona jelajah menara Eiffel baru. 

Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya, Dinas Kebudayaan Kota Yogya, Retno Yuliani mengatakan zona tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dengan Institut Francais Indonesia (IFI) 

"Zona ini berisi tentang informasi detail dan sejarah dari menara Eiffel," ujarnya di lokasi, Kamis (2/12/2021).

Selain itu, lanjutnya, zona tersebut juga menyajikan berbagai informasi mengenai negara Perancis dari berbagai aspek.

"Keberadaan zona ini nantinya tidak hanya memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai menara Eiffel beserta sejarah konstruksi serta pembangunannya, tetapi juga mengenai Kota Paris, Perancis, highlight mengenai budaya, seni, industri dan teknologi yang ada di negara Perancis," bebernya. 

Retno mengungkapkan sampai saat ini Taman Pintar memiliki 55 zona dengan kurang lebih 1.400 alat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Zona tersebut bervariasi mulai dari ilmu murni, teknologi populer dan muatan budaya lokal yang dipresentasikan dengan cara yang menyenangkan, mencerdaskan serta untuk berbagai kalangan usia," katanya. 

Peresmian zona ini dilakukan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Sisruwadi bersama dengan Duta Besar Republik Perancis untuk Republik Indonesia, Olivier Chambard.  

Sisruwadi mengungkapkan apresiasinya hadirnya zona jelajah menara Eiffel baru di Taman Pintar. "Ini merupakan bukti nyata atas adanya peningkatan kerja sama antar Pemkot Yogya dan Pemerintah Perancis," katanya. 

Selain kerja sama ini, tambahnya, telah banyak kerja sama lainya yang telah dilakukan. Seperti kerja sama pertukaran kebudayaan, beasiswa pelajar, teknik dan konsultasi pembangunan, serta hubungan perdagangan dan industri. 

"Untuk penambahan zona di Taman Pintar ini merupakan wujud kerja sama di bidang pendidikan," ujarnya. 

Ia berharap dengan hadirnya zona tersebut akan semakin meningkatkan hubungan di antara masyarakat kedua negara. (Han)