Dubes Ukraina Ajak Kerjasama Kota Yogyakarta di Bidang Pendidikan


Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Dalam kesempatan tersebut Dubes Ukraina menawarkan kerjasama antara Kota Yogyakarta dengan Ukraina di bidang pendidikan, yakni dengan melakukan pertukaran pelajar, pertukaran mahasiswa ataupun pertukaran guru. 

Tak kalah hal nya dengan Kota Yogyakarta, di Ukraina juga memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan. Ukraina memiliki universitas besar yakni Kyiv, Kharkiv serta Odessa. Keunggulan lainnya di Ukraina adalah unggul dalam teknologi seperti teknologi industri pertahanan, perkapalan serta industri logam.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap, pertemuan ini bisa bersama-sama saling memajukan dan meningkatkan di bidang ekonomi dan pendidikan baik untuk Ukraina maupun untuk Kota Yogyakarta.  

'' Ukraina ini mengetahui kalau Kota Yogyakarta memang unggul di bidang pariwisata dan pendidikan. Potensi Ukraina di industri juga sangat bagus yakni memiliki industri pesawat Antonov dan truk Graz. Kami bersama-sama saling bekerjasama untuk memajukan kota agar lebih baik kedepannya," ungkap Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kamis (2/12) di Rumah Dinas Balaikota Yogyakarta.

Haryadi menyampaikan, Dubes Ukraina ini baru satu bulan berada di Jakarta, namun ingin memperkenalkan Ukraina kepada masyarakat di Indonesia. Dari Kota Yogyakarta nantinya Dubes Ukraina melanjutkan perjalanan ke Kota Semarang.

" Kami sangat senang kedatangan Dubes Ukraina ke Kota Yogyakarta. Jika memang ingin mengetahui tentang keunggulan potensi yang ada di kota ini, banyak sekali wisata ataupun tempat pendidikan yang harus dikunjungi," jelasnya.

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengatakan, dari Walikota yang ada di Ukraina berharap adanya kemungkinan nantinya akan menjadi sister city dengan Kota Yogyakarta.

" Kami tertarik sekali berkunjung ke Kota Yogyakarta. Karena kota ini kaya akan kekayaan budayanya seperti seni dan pendidikan tinggi, dimana universitas besar juga ada disini," ujarnya.
 
Ia berharap, nantinya Ukraina dan Kota Yogyakarta bisa bekerjasama dengan baik dan menjalin komunikasi dengan baik. Baik dalam bidang pendidikan, ekonomi dan pariwisata. (Hes)