Pengurus RT/RW Kemantren Pakualaman Resmi Dilantik

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kemantren Pakualaman melantik pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) masa bahakti 2022 -2024 se-Kemantren Pakualaman pada Jum’at (3/12) di Bumi Putra, Bintaran, Yogyakarta. Pelantikan dilakukan oleh Mantri Pamong Praja Pakualaman Cahyo Wijayanto dengan didampingi Lurah Purwokinanti dan Gunungketur.

Sebelum pelantikan dilakukan Cahyo Wijayanto menanyakan kepada pengurus RT dan RW yang dilantik tentang kesediaan mengabdikan dirinya dalam kegiatan kemasyarakatan, yang kemudian dijawab dengan kata bersedia oleh para RT dan RW.

Cahyo menyampaikan bahwa proses pemilihan RT dan RW merupakan proses yang panjang dan memerlukan sikap kebersamaan di masyarakat dimana RT atau RW yang terpilih hendaknya selalu merangkul warganya dalam satu kesatuan tekad pengabdian untuk bersama membangun masyarakat dan wilayahnya.

“ Sikap ikhlas merupakan ciri dari pejuang bagsa yang rela berkorban bagi sesama dalam mencapai tujuan atau cita-cita mulianya. Demikian juga RT dan RW yang merupakan pejuang kemasyarakatan yang bekerja dengan ikhlas dalam membangun masyarakat dan lingkungan di wilayahnya,” kata Cahyo

Cahyo juga menyampaikan bahwa RT dan RW memiliki peran yang sangat strategis terlebih dalam pelaksanaan program pembangunan wilayah. Setiap RT dan RW akan diminta untuk mengusulkan rencana program pembangunan wilayahnya dalam setiap tahun anggaran.

“Usulan RT dan RW tersebut akan disampaikan dalam forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kelurahan. Dalam forum tersebut akan dibahas prioritas pembangunan kewilayahan sebagaimana usulan masyarakat yang akan disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Pendek dan Menengah Daerah,” jelas Cahyo

Dalam kesempatan tersebut Syam Rochim Ketua RT 26, RW 6, Kelurahan Gunungketur merupakan salah satu Ketua RT yang dilantik pada malam ini. Rochim menuturkan bahwa ini adalah periode ketiga dirinya diangkat sebagai Ketua RT melalui penetapan (musyawarah mufakat warga).

“Jabatan Ketua RT adalah amanah yang harus diemban dengan penuh rasa tanggungjawab oleh karena itu saya selalu siap sedia bersama warga untuk bahu membahu membangun wilayah,” ungkap Rochim.

Rochim yag sebelum menjadi Ketua RT adalah aktifis Cegah Brantas Narkoba yang juga Ketua Karang Taruna Gunungketur. Selain Rochim ada juga sosok muda Agung Purnomo Jati dari Purwokinanti yang untuk pertama kalinya menjabat sebagai Ketua RT 27 RW 05. Agung bercerita bahwa dirinya terpanggil sebagai Ketua RT dikarenakan ingin mendukung program kuliner di sepanjang Jalan Jagalan.

“Salah satu program strategis di Kelurahan Purwokinanti adalah pengembangan kuliner yang akan mampu berperan sebagai pendukung destinasi wisata Kraton Kadipaten Paku Alam melalui pengembangan produk makanan lokal yang khas Pakualaman,” papar Agung.

Pelantikan tersebut diikuti oleh 19 RW dan 83 RT yang terdiri dari 10 RW dan 47 RT di Kelurahan Purwokinanti dan 9 RW dan 36 RT di Kelurahan Gunungketur. (ant)