Peringatan Hari AIDS, Wawali Ingatkan Agar Masyarakat Terus Hidup Sehat

Dalam peringatan hari AIDS sedunia 2022, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meminta agar masyarakat Kota Yogya selalu disiplin menerapkan hidup sehat serta menghindari perilaku yang dapat menjadi potensi penularan virus HIV/AIDS.

Selain itu berbagai upaya pun terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya bagi para orang dengan HIV/AIDS (ODHA) agar mereka terhindar dari potensi paparan penyakit berbahaya yang senantiasa mengintai, salah satunya dengan mengintensifkan testing tuberculosis (TB) terhadap para ODHA di Kota Yogya.   

"Deteksi dini TB ini juga menjadi salah satu upaya Pemkot Yogya untuk memberikan bantuan penanganan kepada ODHA," ujarnya di Grha Pandawa Balaikota Yogya, Sabtu (4/12/2021).

Wawali mengungkapkan penularan HIV/AIDS tidak hanya diakibatkan karena perilaku manusia. Namun ada juga dari penggunaan narkoba dan jarum suntik. 

"Saya berharap ada kemauan pula dari para ODHA untuk memeriksakan status kesehatannya sendiri guna mencegah tingkat risiko penularan kepada orang lain," katanya. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengukapkan bahwa pihaknya terus melibatkan segenap potensial sumber daya yang ada di kota Yogya untuk peduli dan terlibat akan kesehatan ODHA melalui pelaksanaan penapisan TB.

"Kegiatan TPT ini dimulai dengan pelatihan untuk petugas di Puskesmas, setelah itu mereka rutin melakukan yang skrining dengan mobile rontgen pada ODHA," jelasnya. 

Pencegahan TB kepada ODHA, lanjutnya, dilakukan dengan program terapi profilaksis, penanganan juga dilakukan dengan memberikan obat antiretroviral (arv) secara rutin," bebernya. 

"Skrining dengan mobile rontgen ini dilakukan tiap Sabtu, dan terpusat di Grha Pandawa dengan sasaran 100 ODHA, kami juga melakukan pemeriksaan secara mobile di lokasi yang rawan terhadap penularan," tandasnya. 

Pasien HIV/AIDS, lanjutnya, harus mengonsumsi obat secara rutin agar mereka bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Pengobatan ini ditujukan untuk keselamatan mereka.

Dengan penanganan yang baik, Emma berharap para ODHA di Kota Yogya bisa mendapat suntikan semangat, dalam melanjutkan kehidupan mereka. (Han)