Kemantren Tegalrejo Pilih Ketua RT/RW Terbaik

 

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Mantri Pamong Praja Tegalrejo mengukuhkan Pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se-kemantren Tegalrejo pada Sabtu (4/12) di Pendopo Monumen Diponegoro, Tegalrejo, Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang hadir dalam pengukuhan tersebut menyampaikan ucapan selamat pada pengurus RT dan RW yang baru terpilih dan berterima kasih pada pengurus RT dan RW periode 2019–2021 yang telah menyelesaikan pengabdiannya.

“Menjadi pengurus RT dan RW merupakan amanah yang diberikan masyarakat di wilayahnya yang menjadi tanggungjawab dalam melaksanakannya melalui karya dan pengabdian di masyarakat. Sebagai Ketua RT atau RW kita harus ngemong masyarakat agar dinamika kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan wilayah menjadi milik bersama, tanggungjawab bersama dalam kebersamaan dan gotongroyong,” kata Heroe.

Heroe juga menyampaikan bahwa janjinya terhadap pengurus RT dan RW yang lalu berupa fasilitasi kegiatan telah dipenuhi, sedangkan untuk pengurus baru dikarenakan tahun 2022 merupakan akhir dari masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota periode 2017 - 2022 maka yang pihaknya lakukan adalah upaya merevisi peraturan yang saat ini sedang digodok oleh tim.

“Peraturan yang kami susun tersebut mencakup hubungan RT, RW, Rukun Kampung/RK dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan/LPMK dalam satu kesatuan sistem agar hasil (kinerja) yang diperoleh lebih maksimal,” jelas Heroe.

Antariksa Agus Purnama Mantri Pamong Praja Tegalrejo menyampaikan bahwa di Kelurahan Bener terdapat pemekaran wilayah yakni RT 27 sehingga jumlah RT di Kemantren Tegalrejo adalah 191 RT, sedangkan RW berjumlah 46 RW.

“Hasil dari pemilihan RT dan RW di Kemantren Tegalrejo menghasilkan 89 Ketua RT baru, 102 Ketua RT lama terpilih kembali dan 14 Ketua RW baru serta 32 Ketua RW lama yang terpilih kembali,” papar Agus.

Selanjutnya Agus menyampaikan bahwa untuk Ketua RW periode 2019 – 2021 telah diseleksi dan ditetapkan 4 Ketua RW terbaik dari masing-masing kelurahan satu orang, yakni Sunarti Ketua RW 05, Marjono Ketua RW 10, Bambang Yuniarto Ketua RW 07 dan Sugiyanto Ketua RW 05.

Salah seorang Ketua RT yang terpilih kembali adalah Uud Suryo Aryudi yang menjabat Ketua RT 36 RW 10 Tegalrejo. Dalam kesempatan itu Suryo menceritakan bagaimana ia telah menjabat sebagai Ketua RT selama 4 periode.

“Alhamdulillah saya masih dipercaya warga untuk kembali menjabat sebagai Ketua RT di masa pandemi yang penuh dengan romansa dan dinamika kemasyarakatan,” urai Suryo.

Selain Suryo ada juga sosok muda yang untuk pertama kalinya terpilih sebagai Ketua RT, yakni Noviar Sutatno Ketua RT 41, RW 09 Kricak. Sebagai pendatang baru Noviar berharap bisa belajar dari sesepuh masyarakat bagaimana menjadi pamomong warga yang bergerak bersama memajukan wilayah RT. (ant)