RT/RW Ngampilan Dikukuhkan, Wawali Minta Layani Warga Dengan Baik

 

Pengurus Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) periode 2022-2024 se-kemantren Ngampilan pagi ini, Minggu (5/12/2021) dikukuhkan. 

Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan, Endah Dwi Dinyastuti mengatakan pemilihan RT/RW di Kemantren Ngampilan berjalan dengan lancar

"Keberhasilan Kemantren Ngampilan bisa melaksanakan pemilihan dan pengukuhan RT/RW sesuai terget karena antusiasme masyarakat didukung panitia di kelurahan dan kemantren sangat tinggi," ungkapnya. 

Selama pemilihan tersebut, lanjutnya tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. 

"Bagi warga yang menggunakan sistem pemilihan langsung, warga diwajibkan memakai masker, sebelum memasuki bilik suara, warga diwajibkan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan, serta usai memasukkan surat suara warga diminta untuk langsung pulang, jadi tidak menimbulkan kerumunan," bebernya. 

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjelaskan bahwa menjadi pengurus RT/RW adalah sebuah pengabdian yang didasari rasa cinta kepada warga masyarakat untuk bisa melayani masyarakat serta menyelesaikan persoalan di tingkat RT/RW.

"Dengan kebersamaan dan kesungguhan hati, para pengurus RT/RW dapat membantu keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kota Yogya. 

Keberadaan ketua RW dan RT, tambahnya, sangatlah berarti bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya.

“Tanpa adanya perangkat RT/RW, Pemkot Yogya akan sulit melakukan sosialisasi programnya. RT/RW adalah penyambung lidah Pemkot, bila ada sosialisasi, orang yang bisa langsung menyentuh warga adalah RT/RW” katanya.

Pada kesempatan tersebut Wawali mengungkapkan untuk pembangunan tahun 2023 sudah tidak ada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), namun telah disiapkan master plan kelurahan yang berisi perencanaan pembangunan terintegrasi di kelurahan untuk tahun 2023- 2024.  

"Sudah tidak ada RPJMD karena saya dan Pak Wali pada bulan Mei 2022 masa jabatannya sudah berakhir, makanya kami telah menyiapkan master plan kelurahan yang berisi perencanaan pembangunan terintegrasi di kelurahan," bebernya.

Pihaknya berharap agar para RT/RW memerankan tugas dan fungsinya sebagai garda terdepan pelayanan publik bagi masyarakat Kota Yogya. 

“Saya harap ketua RT/RW yang terpilih nanti hendaknya dapat melayani masyarakat dengan baik, dan menjaga lingkungan sehingga lingkungan tampak bersih dan asri seperti yang kita inginkan bersama" harap Heroe. (Han)