Kelengkapan Izin Mudahkan Pemerintah Bantu Promosi UMKM


Dalam rangka ikut memajukan dan mengembangkan UMKM di Kota Yogyakarta Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengajak masyarakat berperan serta dalam memajukan potensi yang ada di wilayahnya. Hal tersebut dibuktikan dengan digelarnya Bazar UMKM PKK Pilahan RT 42 RW 13, Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede yang diikuti oleh belasan UMKM mulai dari perajin kulit, perak, logam hingga kuliner seperti jajanan tradisional dan jamu tradisional.

'' Semangat dalam menumbuhkan UMKM, mari bersama-sama nglarisi tetangganya. Potensi yang ada di Pilahan ini sangat banyak untuk bisa dijadikan ikon wisata di daerah Pilahan. Ini menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi di wilayah sini dengan mengembangkan kampung-kampung yang memiliki potensi lebih," ungkap Wakil Walikota Heroe Poerwadi, Minggu (5/12).

Selain itu, Heroe mengatakan, kegiatan tersebut dapat menambah pendapatan terutama bagi masyarakat setempat. Hal ini bisa dilakukan dengan menggelar sebuah pameran yang dapat dibantu dari pihak pemerintah melalui Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) Kota Yogyakarta dengan mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

" Semua potensi yang ada ini bisa menjadi lebih banyak diminati dengan menggelar sebuah pameran. Jangan khawatir, jika UMKM sudah memiliki NIB dan PIRT maka semua akan mudah karena pemerintah akan membantu mempromosikan UMKM ibu dan bapak asalkan sudah terdaftar," jelasnya.

Heroe berharap, kedepannya warga Pilahan akan lebih berkembang dari sebelumnya dan menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke wilayahnya.

" Kota Yogyakarta ini selama berkembang banyak sekali wisatawan yang datang kesini. Ini merupakan sebuah magnet tetapi harus di barengi dengan peningkatan kesejahteraan bagi semuanya," ujarnya. (Hes)