DLH Kota Yogya Fasilitasi Dropbox Untuk Limbah B3 Skala Rumah Tangga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya terus berkomitmen dan menaruh perhatian khusus terhadap pengelola sampah spesifik atau limbah bahan beracun dan berbahaya (b3). 

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menyediakan dropbox sebagai tempat pengumpul sementara limbah b3 skala rumah tangga, sebelum diangkut dan diolah secara benar sesuai aturan yang berlaku.

Analis Kebijakan Madya, DLH Kota Yogya, Eni Dwiniarsih, mengatakan dropbox untuk limbah b3 tersebut terdiri dari beberapa kompartemen, box warna merah untuk baterai bekas, box warna biru untuk sampah elektronik, box warna kuning untuk kemasan bekas seperti limbah botol penyemprot serangga, karbol, serta box warna hijau untuk lampu tl dan lampu neon. 

"Masing-masing harus dikemas secara terpisah sesuai jenisnya dan berbeda penomoran kodenya untuk memudahkan dan mengurangi dampak yang terjadi saat dilakukan menimbangan dan pengangkutan serta berbeda pula perlakuan pemusnahan/ pengolahannya," ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Dengan pengelolaan limbah b3 dengan sarana dropbox tersebut warga masyarakat dapat terhindar dari pencemaran lingkungan, dan terjamin kesehatan serta keselamatan masyarakat. 

"Bahaya yang timbul jika limbah b3 ini tidak dikelola di tempat yang memenuhi standar dapat menimbulkan ledakan yang dapat mengakibatkan kebaran," bebernya. 

Selain menyediakan dropbox, DLH Kota Yogya juga terus melakukan pendampingan terhadap warga masyarakat guna memberikan edukasi bagaimana cara memilah, mengumpulkan, membuang dan mengolah limbah b3.

"Pada umumnya masyarakat di Kota Yogya dalam membuang sampah masih bercampur antara sampah rumah tangga dengan sampah b3, padahal sampah tersebut sifatnya beracun dan berbahaya yang seharusnya ada perlakuan tersendiri dalam pengelolaanya karena selain akan membahayakan kesehatan manusia juga akan mencemari lingkungan,"bebernya.

Pada tahun 2022, DLH Kota Yogya berencana akan membuat tempat penyimpanan sementara (TPS) limbah b3 di kampung Karangmiri Giwangan, Kemantren Umbulharjo untuk menampung sementara limbah b3 dari tampungan dropbox sebelum diangkut dan dimusnahkan secara benar. (Han)