Pentingnya Pengelolaan Data Base Keanggotaan Pramuka

Dalam suatu kelembagaan adanya database keanggotaan yang valid sangat diperlukan, terutama dalam gerakan pramuka yang anggotanya terus silih berganti. Untuk itu dibuat Sistem Informasi Kelembagaan dan Keanggotaan (SISKA) yang mempermudah pengelolaan kegiatan pramuka. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi berharap gerakan pramuka terus melakukan inovasi terutama dalam informasi data kelembagaan dan keanggotaannya. 

SISKA adalah suatu sistem informasi yang dibangun dalam rangka pengelolaan kelembagaan dan keanggotaan di Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Untuk mendalami SISKA, Gerakan pramuka Kwarda DIY Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogyakarta mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis SISKA pada Sabtu (11/12) di Aula Kwartir Cabag Kota Yogyakarta.

“ Database keanggotaan ini memang harus ada disuatu kelembagaan. Sehingga disetiap program ataupun kegiatan terlihat siapa saja anggotanya dan seberapa banyak anggota dari gerakan pramuka SD, SMP, SMA dan Kampus,” ungkap Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat memberikan masukan.

Dengan SISKA ini Heroe berharap, terwujud sistem database yang lengkap sehingga data menjadi akurat. “ Dengan adanya data yang akurat maka proses pengambilan keputusan dan kebijakan akan lebih tepat  dengan memiliki data jumlah dan potensi yang akan menambah sinergitas antar kwartir daerah dan kwartir cabang,” ujarnya.

Selain itu, kegunaan SISKA menjadikan terbangunnya integrasi antara pengelolaan Kartu Tanda Anggota dengan Sistem Informasi Keanggotaan, dimana kwartir daerah dan kwartir cabang dapat mengelola Kartu Tanda Anggota Pramuka. 

Sementara itu, Sekertaris Kwarcab Kota Yogyakarta Dwi Purnomo mengatakan, SISKA ini sistem data untuk mengetahui data dari Kwarda, Kwarcab, Kwarran, dan data Gugusdepan/pangkalan.
Untuk data keanggotaan sendiri akan terlihat pada sistem yakni data anggota muda dan data anggota dewasa. 

“ Dengan memiliki kartu tanda anggota gerakan pramuka akan lebih mempermudah kami dalam mencari dan mendata anggota-anggota pada kwarda dan kwarcab. Selain itu, SISKA juga mempermudah para pengurus gerakan pramuka dalam membuat suatu kegiatan kedepannya,” jelasnya. (Hes)