Pemkot Yogyakarta Terima Kunjungan Pemkot Banjarbaru

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh Wakil Wali (Wawali) Kota Banjarbaru, Wartono, di Ruang Yudistira Komplek Balai Kota Yogyakarta pada Selasa (14/12/2021). Rombongan diterima oleh Asisten Perekonomian Pemkot Yogyakarta, Kadri Renggono, bersama Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Dinkominfosan), Suciati Sah.

Agenda dimulai dengan tukar-menukar cindera mata khas daerah masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan dialog dan pembahasan strategi pengelolaan kehumasan di lingkungan kerja masing-masing.

“Di tempat kami, kehumasan masih menempel di Bagian Protokol jadi terpisah dengan Dinas Kominfo. Yang kedua, kami juga ingin menanyakan bagaimana dengan kerja sama press room antara pemerintah dan kawan-kawan media. Terakhir, bagaimana yang dilakukan Pemkot Jogja dengan menjaga keharmonisan antara kawan-kawan media dengan pemerintah,” tanya Wartono membuka sesi dialog.

Pertanyaan Wawali Banjarbaru langsung dijawab oleh Kadri Renggono. Kadri menjawab bahwa sejak terbentuknya Dinas Kominfosan, fungsi kehumasan telah menempel pada perangkat daerah tersebut. Termasuk dalam hal pemeliharaan relasi antara media-media pemberitaan dengan Pemkot Yogyakarta dilakukan secara organik.

“Tidak ada kerja sama tertulis antara Pemkot Yogyakarta dengan rekan-rekan media. Kita melalui perangkat daerah terkait, berupaya memelihara relasi dengan memfasilitasi rekan-rekan. Salah satunya dengan menyediakan Gardu Pawarta yang berfungsi sebagai media center,” jawab Kadri.

Gardu Pawarta juga dilengkapi dengan komputer dan akses internet untuk mempermudah kerja-kerja dari rekan-rekan wartawan. Meskipun begitu, rekan-rekan menjaga profesionalitasnya sebagai wartawan dengan menyajikan pemberitaan secara berimbang sesuai kebutuhan masyarakat Kota Jogja,” lanjut Asisten Perekonomian Pemkot Yogyakarta tersebut.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama antara rombongan Pemkot Banjarbaru bersama Pemkot Yogyakarta. Kemudian acara ditutup dengan tur keliling rombongan Pemkot Banjarbaru ke Gardu Pawarta dan kantor Dinkominfosan di komplek Balai Kota Yogyakarta. (Fjr)