Kota Yogya Siapkan Tes Acak Antigen Bagi Wisatawan 

 


Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta akan melakukan tes acak antigen bagi wisatawan yang datang ke kota Yogyakarta. Hal ini disampaikan oleh Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, beberapa hari lalu.

 

" Tes acak antigen ini akan dilakukan termasuk pada saat liburan Natal dan Tahun Baru 2022, terutama di pusat keramaian seperti di kawasan Malioboro," ungkap Heroe Poerwadi. 

 

Heroe menjelaskan, nantinya setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu secara rutin melakukan pemeriksaan acak antigen tersebut. Setidaknya akan disediakan 100 reagen.

 

Ia menambahkan, kegiatan tersebut akan menyesuaikan aturan yang berlaku seperti menutup alun-alun dan lapangan saat malam tahun baru dan aturan perjalanan lain serta aturan pembatasan kapasitas.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Yogya, Yudiria Amelia mengatakan, tes acak antigen ini sebenarnya sudah  diberikan kepada pengunjung Malioboro sejak pertengahan Oktober 2021. Namun adanya pembatasan PPKM maka kegiatan tersebut sempat terhenti dan akan dilaksanakan kembali pada libur Natal dan Tahun Baru 2022.

 

Selain diadakan tes acak antigen, juga akan dilakukan vaksinasi kepada wisatawan yang belum menjalani vaksinasi. Dua kegiatan tersebut akan dilakukan saat libur akhir tahun. '' Jika diadakan kembali maka perlu tambahan petugas diluar vaksin untuk menghandle tes acak antigen tersebut," jelasnya.

 

Yudiria berharap dengan mewajibkan wisatawan memindai QR Code Sugeng Rawuh yang sudah disediakan tiap Zona, maka diharapkan wisatawan mentaati peraturan tersebut. Hal ini diharapkan mampu menjadi langkah atau upaya dalam pembatasan kapasitas di tiap zona di Malioboro dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan wajib vaksin. (Hes)