Penanaman Sayur di Lahan Kosong Wahana Edukasi Perda Sampah

 

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta melalui gerakan kampung panca tertib lakukan edukasi Perda Kebersihan melalui penanaman sayur di lahan kosong pada Jumat (17/12) di Gandekan Lor, Pringgokusuman. Gedongtengen, Yogyakarta.

Suwarna Kepala Seksi Pembinaan Potensi Masyarakat Satpol-PP Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa salah satu komitmen kampung panca tertib Gandekan Lor adalah tertib lingkungan. Melalui tertib lingkungan warga berkomitmen untuk membuang sampah sesuai dengan tempatnya dan melakukan gerakan penanaman sayur di lahan kosong dan pekarangan rumah.

Lahan kosong yang ada ditengah perkampungan acap kali menjadi sasaran empuk tempat pembuangan sampah dan pembakaran sampah oleh orang yang tidak bertanggung jawab melalui pemanfaatan lahan kosong maka dampak tersebut dapat diantisipasi urai Suwarno lebih lanjut.

“Kami melakukan pre emtif penegakan Perda Kebersihan dengan contoh dan tindakan langsung, dimana lahan kosong yang sudah ditanami tidak lagi digunakan sebagai tempat pembuangan dan pembakaran sampah,” kata Suwarno

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari deklarasi kampung panca tertib Gandekan Lor yang saat itu di hadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan dilakukan melalui kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.

“Dinas Pertanian dan Pangan melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) menyampaikan arahan dan teori dalam menyiapkan lahan, menanam, merawat hingga memanen,” jelas Suwarno

Dalam kesempatan itu Ngadiyono PPL yang ditempatkan di Kemantren Gedongtengen menyampaikan arahan bagaimana cara agar sayur yang ditanam bisa optimal hasilnya, baik melalui cara penanaman, peletakan pohon dan kedalaman lobang yang akan digunakan menanam sayur.

“Jarak tanam pohon terong dengan cabe berbeda dan peletakan pohon agar terkena sinar matahari secara merata juga perlu tehnik tersendiri,” jelas Ngadiyono

Ngadiyono pun langsung memberikan contoh cara menanam, dari mulai membuat lubang, pemberian pupuk, menanam hingga cara menyiram. Pakerti dan kader kampung panca tertib Gandekan Lor juga langsung melakukan praktek bercocok tanam sayuran.

Dedi Koordinator Forum Kampung Panca Tertib (FKPT) Gandekan Lor, menyampaikan bahwa lahan kosong ini milik warga yang belum dipergunakan (dibangun) dan mengijinkan untuk ditanami sayuran.

“Sebelum praktek menanam sore ini, sebelumnya kami telah melakukan tiga kali kerja bakti guna penyiapan lahan agar bisa ditanami sayur,” tutur Dedi.

Selanjutnya Dedi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut dengan penanaman sayur di gang-gang kampung Gandekan Lor. Dan selain dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta kami juga berharap dapat bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup guna melakukan pemilahan dan pengolahan sampah.

Dedi juga berharap agar lingkungan kampung Gandekan Lor akan menjadi asri yang membuat nyaman dan aman warganya. (ant)