YoGowes Monalisa Kembali Meluncur Bersama UKDW di Minggu Pagi

Wakil Wali (Wawali) Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, kembali mengayuh sepeda bersama pejabat Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) pada Minggu pagi (19/12/2021). Acara gowes bertajuk Menikmati Harmoni Kota Jogja dengan Jalur Sepeda Wisata (Monalisa), juga diikuti oleh pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terkait seperti Kadri Renggono (Asisten Bidang Perekonomian), Wahyu Hendratmoko (Kepala Dinas Pariwisata), Edi Muhammad (Kepala DP3AP2KB), dan lain sebagainya.

Peserta berkumpul di depan Gedung Agape UKDW. Rombongan lalu berangkat ke arah selatan dengan pemberhentian pertama di halaman Museum Perjuangan. Perjalanan kemudian diteruskan sampai titik akhir di Warung Kopi Lumbung Mataram.

Wawali mengemukakan gowes bersama ini dalam rangka mempererat silaturahmi antara Pemkot Yogyakarta dengan pihak UKDW, sebagai salah satu unsur pembangunan dari kategori kampus. UKDW sendiri telah lama bersinergi dengan Pemkot Yogyakarta mendampingi berbagai program pemberdayaan masyarakat, salah satunya lorong sayur di Kelurahan Bausasran.

“Kita melibatkan lima komponen, salah satunya kampus. UKDW turut berpartisipasi aktif mengembangkan kampung wisata dengan melibatkan komunitas. Ada PHRI, ASITA, dan semuanya turut terlibat. Kita Pemkot memfasilitasinya termasuk nanti korporasi seperti hotel-hotel, misalnya dengan menyediakan sepeda wisata sehingga wisatawan dapat menikmati Kota Jogja dengan gowes secara nyaman,” terang Wawali.

“Ini adalah upaya kita agar lima komponen Gandeng-Gendong saling bersinergi. Kita bisa bergerak dalam satu langkah serta tarikan napas bersama,” lanjut Wawali.

Hal senada juga diungkapkan Rektor UKDW, Henry Fenriadi. Hendry menjelaskan bahwa wisatawan dapat bergembira menikmati Kota Jogja dengan bersepeda.

“Kita mendapatkan hibah empat kegiatan dari Kemenristekdikti dalam rangka pengembangan kampung wisata. Ada juga pengembangan purwarupa emergency medical unit. Kita berharap kerja sama ini dapat dilakukan secara berkelanjutan sebagai kontribusi positif untuk Kota Jogja,” ujar Henry. (Fjr)