Pemkot Yogya Peringati Hari Ibu ke 92 Tahun 2021

 

Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya dalam mengaplikasikan pembangunan yang responsif gender sangat kuat, hal ini bisa dilihat dalam rencana strategis Pemkot Yogya yang menjelaskan secara ideal visi, misi, tujuan dan capaian tentang keadilan dan kesetaraan gender. 

"Secara konseptual rencana strategis telah mengakui dan menetapkan nilai dan issu gender sebagai bagian dari pembangunan," kata Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogya, Tri Kirana Haryadi Suyuti dalam acara Peringatan Hari Ibu ke 92, Senin (20/12/2021) di ruang Bima Balaikota Yogya.

Bahkan secara progresif, katanya, Pemkot Yogya telah menetapkan sasaran pembangunan melalui program afirmasi kepada lima kelompok rentan yaitu, perempuan, anak, lansia, difable dan orang miskin. 

Tri Kirana menungkapkan adanya realita ketidakadilan terhadap kaum perempuan mengakibatkan perempuan menjadi serba tertinggal dan terbelakang sehingga menghambat pembangunan. 

"Dengan demikian perempuan perlu diberdayakan dengan berbagai program pemberdayaan perempuan agar dapat memiliki akses dalam pembangunan," jelasnya. 

Untuk itu, katanya, dengan Peringatan Hari Ibu ini, pihaknya ingin membangun kesadaran akan pentingnya kerja nyata dan kerja kolaboratif dari semua pihak untuk mendorong kemajuan perempuan Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Ia pun mengungkapkan bahwa peran perempuan juga sangat berperan dalam penanganan Covid-19 di Kota Yogya. 

"Pandemi Covid-19 menjadikan peran ibu kian penting. Mulai dari menjadi garda terdepan penjaga kesehatan keluarga, selain itu kaum ibu juga turut menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat serta membagikan bantuan bagi seluruh masyarakat terdampak pandemi Covid-19," bebernya. 

Menurutnya Peringatan Hari Ibu merupakan penghargaan serta penghormatan bagi seluruh perempuan di Indonesia atas peran dan kontribusinya bagi keluarga, masyarakat dan negara.

Wawali berharap agar seluruh kaum Ibu di Kota Yogya terus berdaya, maju dan merapatkan barisan untuk menyatukan tekad serta semangat bersama kaum laki-laki untuk menumbuhkan komitmen dan kerjasama menuju kesejahteraan bangsa. (Han)