Pengembaran Desember Tradisional Tumbuhkan Jiwa Patriotisme Pramuka

 

Wakil Walikota Yigyakarta yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi melakukan pemotongan tumpeng peringatan 50 tahun Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) dalam Festival Emas PDT Lustrum 10 tahun 2021 pada Selasa (21/12) di Taman Budaya, Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu Heroe menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada Dewan Kerja yang telah melaksanakan kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional tahun 2021 dengan cara daring maupun luring.

“Kerja keras dan semangat Dewan Kerja dan para peserta tercermin dari sukses terselenggaranya kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional tahun ini yang dilaksanakan dalam suasana pandemi dan protokol kesehatan yang ketat,” kata Heroe.

Selanjutnya disampaikan Heroe bahwa Pengembaraan Desember Tradisional yang dilaksanakan sejak tahun 1971 merupakan legenda kegiatan kepramukaan yang didalamnya terdapat aneka kegiatan yang menguji kemampuan fisik, ketrampilan, kemampuan tata kelola, kesiapan mental dan berkesenian.

“Para pelaku Pengembaraan Desember Tradisional merasakan adanya emosi jiwa dan kenangan yang menumbuhkan cita, cerita dan rasa bangga,” jelas Heroe.

“Dalam Pengembaraan Desember Tradisional ini selain peserta para alumninya juga ikut memberikan support berupa dukungan tidak langsung maupun dukungan secara langsung dengan hadir ditengah-tengah kegiatan guna menyemangati adik-adiknya,” imbuh Heroe 

Nadia Agnes Ketua Dewan Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta menuturkan bahwa Festival ini merupakan acara puncak dari Festival Emas PDT Lustrum 10 tahun 2021 dimana di dalamnya terdapat acara gelar atraksi seni budaya peserta Pengembaran Desember Tradisional dari Pangkalan atau Gugus Depan.

“Upaya menelusuri kenangan dan catatan indah 50 tahun Pengembaraan Desember Tradisional bukan pekerjaan mudah dan perlu kerja keras,” ungkap Agnes

Puji syukur dengan kerja keras tim kami bisa merumuskan bentuk kegiatan dan rute sumbu imjiner dalam kegiatan tahun ini serta melaksanakannya dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dalam festival ini hadir para alumni Pengembaraan Desember Tradisonal dari berbagai angkatan antara lain ; Kak Bambang yang merupakan Sekretaris PDT tahun 1971, Kak Syamsu Ketua pelaksana PDT tahun 1974, Kak Bustani Ketua PDT tahun 1978.

Kak Syamsu menuturkan bahwa pada angkatannya dimulai Pengembaraan Desember Tradisional dengan mengambil rute juang Jendral Soedirman yang menjadi legenda karena telah dilaksanakan selama puluhan tahun.

“Pengembaraan Desember Tradisional menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui route yang ditempuh dan kegiatan di dalamnya serta menumbuhkan cerita yang tak habis untuk dikenang dan diceritakan dari generasi ke generasi,” papar Kak Syamsu

Dalam kesempatan itu Nadia juga menjelaskan bahwa selain rute Jendral Soedirman juga ada rute Sultan Agung, rute sumbu imajiner yang dari semua rute tersebut ada nilai-nilai kepahlawanan yang bisa digali dan diteladani sebagai upaya penanaman patriotisme generasi muda melalui gerakan Pramuka. (ant)