Pameran Seni Rupa 100 Tahun Tamansiswa

 

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengunjungi Pameran Seni Rupa 100 tahun Tamansiswa yang mengambil tema Salam dan Bahagia yang diselenggarakan oleh Alumni Seni Rupa Lintas Angkatan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta pada Selasa (21/12) di Taman Budaya, Yogyakarta

Heroe menyampaikan apresiasi pada para alumni seni rupa UST yang telah mengekspresikan karya seni rupa dari berbagai angkatan dan merangkumnya dalam sebuah pameran di tengah pandemi dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kreativitas yang muncul pada karya seni yang dipamerkan sangat luar biasa dan merupakan cerminan dari proses sosial, proses hidup, proses kreatif yang dituangkan dalam berbagai media,” kata Heroe.

Selanjutnya disampaikan Heroe bahwa karya-karya seni ini perlu dipamerkan dan dipublikasikan agar masyarakat bisa ikut melihat dan mengetahui aktivitas pameran seni rupa yang dilakukan oleh para alumni UST.

“Kondisi pandemi ini memang membatasi gerak kita namun proses kreativitas dan inovasi tak akan bisa dihentikan oleh pandemi, oleh karena itu saya ucapkan selamat berkarya, berpameran dan sukses hingga akhir penyelenggaraannya,” imbuh Heroe.

Subono Kuncoro Murti penyelenggara pameran mengemukakan bahwa pameran ini diikuti oleh alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Program Pendidikan Seni Rupa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa angkatan tahun 1982 hingga 2016.

“Pamertan ini diikuti oleh 85 peserta dengan berbagai ragam karya seni rupa yang mengambil tema salam dan bahagia,” papar Bono

“Kata salam dan bahagia merupakan bentuk ajaran Ki Hajar Dewantara yang menjadikan seni sebagai bagian dari kehidupan dan menjadikan hidup jadi lebih indah. Oleh karena itu salam dan bahagia dimaknai sebagai ungkapan untuk hidup secara berdampingan guna meraih kebahagiaan bersama dan mewujudkan indahnya kehidupan bersama,” jelas Bono

Bono juga menerangkan bahwa ajang pameran ini merupakan wahana bertemunya kembali para alumni dari berbagai angkatan guna berbagi cerita, berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan yang akan menambah khasanah pengetahuan dan ketrampilan para alumni.

Salah seorang peserta pameran Elis Mustika Rahayu menuturkan bahwa pameran ini merupakan even pertama dirinya ikut pameran bersama para alumni lintas angkatan.

“Selama Pameran terjadi diskusi dan tukar pengalaman dengan para senior, dimana para senior memberikan bimbingan berbagai tehnik yang mampu menambah ketrampilan para yunior termasuk saya,” tutur Elis.

“Saya bersyukur bisa ikut pameran ini, selain pengalaman juga bertambah kemampuan saya dalam tehnik melukis dan berharap agar kegiatan serupa bisa tersu dilakukan,” harap Elis.

Kunjungan Wakil Walikota Heroe Poerwadi diakhiri dengan penyerahan buku pameran seni rupa oleh panitia dan foto bersama. (ant)