Wawali Tutup Pengembaraan Desember Tradisional Pramuka Yogya  

Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta Heroe Poerwadi menutup kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional (PDT) Lustrum X tahun 2021 yang diadakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, kegiatan PDT itu bisa tetap berjalan sampai tuntas dengan menerapkan protokol kesehatan. Diharapkan dengan kegiatan PDT dapat memberikan semangat kebersamaan dan berprestasi.

“Bersyukur karena kita bisa menuntaskan kegiatan Pengembaraan Desember Tradisional yang dilakukan selama empat hari. Kegiatan ini adalah bagian dari upaya kita untuk menunjukkan semua keterampilan dan kemampuan dalam kepramukaan, solidaritas, kekompakan dan kehidupan sosial  yang dimiliki anggota Pramuka,” kata Heroe saat upacara penutupan PDT Lustrum X tahun 2021 di halaman Balai Kota Yogyakarta, Rabu (22/12/2021).

Heroe selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta menyampaikan PDT tahun ini dilakukan secara daring dan luring. Pengembaraan secara daring yang dilaksanakan selama 19 hari dan pengembaraan secara luring selama 4 hari yang dilaksanakan pada 18- 22 Desember 2021 diikuti 280 peserta. Dalam PDT daring dibagi dalam kelompok kecil untuk menjaga ketaatan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya PDT menjadi kegiatan yang melegenda karena semua pelajar SMA/SMK dan pangkalan selalu mengingatnya sebagai sebuah kegiatan yang memiliki gengsi dan kehormatan karena tidak semua mampu melaksanakannya lantaran diuji seluruh kemampuan, keterampilan, soft skill dan life skill di dalam PDT. Termasuk ujian membangun diri pribadi dan kelompok serta mengupayakan pangkalan dan gugus  depan dalam menyiapkan anggotanya

“Oleh karena itu Pengembaraan Desember Tradisional menjadi  kegiatan yang sangat membanggakan bagi siapapun ketika  mampu menyelesaikan tugas,” ujarnya.

Heroe menyatakan sebagaimana dengan tagline PDT yaitu berbudaya, bersaudara dan berprestasi selalu akan menjadi bagian dari upaya kita hidup di Yogyakarta harus menunjukan kemampuan berekspresi seni dan budaya, rasa kebersamaan bersaudara bergotong royong gandeng gendong serta selalu berprestasi. Heroe juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan PDT Lustrum X tahun 2021.

“Semoga Pengembaraan Desember Tradisional yang dilaksanakan di tengah pandemi ini tetap memberikan spirit  dan semangat kita semua untuk terus mencintai budaya, solid kompak bersaudara dan tidak lupa meraih prestasi terbaik. Semoga kegiatan ini menjadi bagian sejarah mengukir kebersamaan dan prestasi,” harap Heroe.

Sementara itu Ketua Sangga Kerja PDT Lustrum X tahun 2021 Dicky Ridho Ilahi mengatakan PDT Lustrum tahun 2021  mengambil rute garis imajiner Yogyakarta. Rute itu dipilih karena sejarahnya yang menarik dalam membentuk tata Kota Yogyakarta dari  mempertimbangkan aspek fungsional bahkan filosofi alam dan manusia.

“Kegiatan PDT Lustrum X tahun 2021 terbagi dalam beberapa sub kegiatan di antaranya giat umum, giat prestasi, giat bakti, giat medan dan pengembaraan. Peserta PDT Lustrum X adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berpangkalan di DIY dan semua dalam kondisi sehat,” tandas Dicky.

Penutupan kegiatan PDT Lustrum X tahun 2021 dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan bendera perjalanan kepada Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Dalam kesempatan itu juga diserahkan trophy kepada para pemenang kegiatan PDT. (Tri)