Pemkot Yogya Pastikan Keamanan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogya melakukan pemantauan kesejumlah toko modern dan swalayan untuk memastikan keamananan bahan pangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Dalam pemantauan tersebut, beberapa hal yang menjadi fokus pengecekkan seperti tanggal kedaluwarsa, kondisi kemasan, serta kesehatan dan kesegaran daging. 

"Pagi hari ini kami melakukan pemantauan guna melakukan pengawasan mutu barang di dua pasar modern yakni Superindo, dan swalayan Progo," kata Kepala Bidang Pangan, DPP Kota Yogya, Muhammad Imam Nurwahid di lokasi, Rabu (22/12/2021).

Imam mengungkapkan bahwa kemasan yang rusak akan mempengaruhi kualitas produk makanan bahkan merusak bahan pangan sehingga bisa memberikan dampak buruk terhadap kondisi kesehatan konsumen jika dikonsumsi.

“Kami tidak ingin kondisi tersebut terjadi sehingga pemantauan diintensifkan menjelang libur Natal dan Tahun Baru saat permintaan bahan pangan meningkat,” katanya.

Selama pemantauan di dua pasar modern tersebut tidak ditemukan produk yang kadaluwarsa maupun produk yang kemasannya rusak. 

Namun jika ditemukan ada produk dengan kemasan rusak serta sudah kadaluwarsa, lanjutnya, pengelola toko atau swalayan akan langsung diminta untuk menarik produk tersebut.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan teliti dalam membeli produk makanan, selain itu, lanjutnya, masyarakat juga harus memperhatikan kelayakan kemasan, batas kedaluwarsa dan komposisi untuk mengetahui apakah mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi. 

"Jika menemukan produk makanan dengan kualitas tidak layak konsumsi segera sampaikan kepada manajemen toko. Masyarakat kami harap tidak tergiur dengan harga diskon yang berpotensi produk yang dijual sudah mendekati tanggal kedaluwarsa,” tutupnya. (Han)