Wawali Yogya Ajak Masyarakat Miliki Semangat Kerelawanan

Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta Heroe Poerwadi memimpin Apel Peringatan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di halaman Kantor PMI Kota Yogyakarta. Peringatan Hari Relawan PMI menjadi momentum membangun kembali semangat para relawan. Di masa pandemi Covid-19, Heroe juga mengajak masyarakat memiliki semangat kerelawanan.

“Pada hari relawan ini, kami meminta kepada masyarakat bisa memberikan apa yang menjadi semangat para relawan. Bagaimana menjadikan masyarakat juga memiliki semangat kerelawanan,” kata Heroe saat memimpin Apel Peringatan Hari Relawan PMI di Kantor PMI Kota Yogyakarta, Jumat (24/12/2021).

Pihaknya menegaskan pada masa pandemi Covid-19, semangat kerelawanan masyarakat menjadi penting.  Itu karena kerelawanan diperlukan untuk bersama melewati  dan menjalani pandemi dengan semangat membantu satu sama lain.

Heroe menyampaikan pada Hari Relawan PMI maupun relawan internasional adalah hari di mana kerja sebagai relawan dihormati dan diapresiasi. Mengingat di tengah- tengah masyarakat, posisi relawan dalam kondisi apapun harus bisa memberikan bantuan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua relawan yang telah melakukan banyak hal. Atas nama pribadi dan PMI Kota Yogyakarta kami ucapan selamat dan semangat juang semua,” tegas Heroe yang juga Ketua Terpilih PMI Kota Yogyakarta itu.

Heroe menyatakan menjadi relawan adalah panggilan hati, panggilan jiwa untuk ikut membantu upaya kemanusiaan, mengurangi rasa sakit dan memberikan kesempatan memperoleh harapan lebih baik dalam kehidupan. Tapi tidak semua orang bisa menjalani panggilan jiwa hati menjadi relawan.

“Saya yakin para relawan PMI melakukan tugas- tugasnya dengan senang hati karena terpanggil karena ada rasa kebersamaan dan persaudaraan. Ada rasa ingin menyelamatkan dan melindungi sesama sehingga semua relawan tergerak, bergerak dan beraksi,” terangnya.

Menurutnya PMI Kota Yogyakarta memiliki relawan cukup banyak dan dimungkinkan mencapai ribuan karena setiap tahun ada relawan- relawan baru. Sedangkan relawan PMI yang lama juga masih terlibat. “Relawan adalah ujung tombak dan tulang punggung PMI. Karena dalam kegiatan PMI yang bergerak melakukan pertolongan kepada masyarakat sebagian besar adalah relawan,” pungkas Heroe.(Tri)