Terapkan Good Corporate Governance, PDAM Tingkatkan Kinerja Perusahaan

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Yogyakarta terus berkomitmen dalam menerapkan Good Corporate Governance (GCG) di iklim kerjanya, hal ini dibuktikan dengan digelarnya workshop GCG yang diikuti seluruh karyawan dan jajaran direksi PDAM Tirtamarta. 

Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Majiya mengatakan digelar workshop tersebut sebagai langkah berkelanjutan dalam mencapai peningkatan kinerja perusahaan. 

"Penerapan GCG sejauh ini diyakini sebagai salah satu kunci sukses bagi perusahaan untuk tumbuh dan menguntungkan dalam jangka panjang," katanya di Gaia Cosmo Hotel, Senin (27/12/2021).

Majiya mengungkapkan penerapan GCG di PDAM Tirtamarta juga diwujudkan pada Nota Kesepakatan antara PDAM Tirtamarta dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY pada tanggal 5 April 2021 lalu. 

"Melalui kerjasama yang dibangun tentunya diharapkan dapat menghasilkan peningkatan kinerja bagi PDAM Tirtamarta dan mendapat pengakuan yang lebih baik lagi dari sisi eksternal PDAM," ujarnya. 

Pihaknya berharap dengan digelarnya kegiatan ini, setiap pegawai dan direksi dapat bekerja sesuai aturan. Serta bekerja dengan etika, dan mencegah penyalahgunaan. 

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya terus berupaya dalam penerapan pemerintah yang bersih dan sehat dalam rutinitas kerja sehari-hari.

"Upaya tersebut diterapkan mulai dari tingkat kelurahan, kemantren, bagian, dinas dan badan, asisten, hingga ke tingkat pimpinan berserta wakil dan sekretaris daerah," tegasnya saat membuka workshop tersebut. 

Sebagai salah satu hasilnya, tambahnya, Pemkot Yogya berhasil mempertahankan Opini WTP 12 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

"Konsep GCG bukan hanya sebatas pemerintah yang bersih dan sehat tetapi juga kepemimpinan yang memiliki legistimasi dan dipercayai masyarakat," ujarnya. 

Wawali meyakini bahwa seluruh jajaran PDAM Tirtamarta dapat mewujudkan trias amanah yakni mendukung serta memberikan perekonomian daerah, memberi kemanfaatan umum terkait barang jasa, dan memperoleh dan mencari keuntungan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. (Han)