Wawali Pantau Pergantian Tahun di Pos Gumaton

 

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melakukan pemantauan malam pergantian tahun baru 2022 pada Jumat (31/12) di Pos Gumaton, Malioboro, Yogyakarta. Sekitar jam 22.00 WIB Heroe tiba di Pos Gumaton setelah sebelumnya mengunjungi Pos PAM di Tugu Pal Putih Yogyakarta. 

Di Pos Gumaton juga hadir Irwasda Polda DIY Kombes Pol. Agus Rohmat beserta jajaran dari Polda DIY dan Polresta Yogyakarta, Komandan Kodim 0734 Yogyakarta beserta jajarannya, Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala UPT Cagar Budaya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta.

Dalam keterangan pers Heroe menyampaikan bahwa malam pergantian tahun 2022 Pemkot menugaskan Satpol PP dengan dibantu Jogoboro sejumlah 200 personil di Malioboro.

“Jumlah tersebut belum termasuk dari Kepolisian dan TNI serta petugas yang bekerja secara tertutup,” kata Heroe.

Heroe menjelaskan bahwa para petugas tersebut mengendalikan jumlah pengunjung yang akan ke Malioboro dan yang sedang di Malioboro agar dalam jumlah yang aman dan memadai serta memastikan penerapan protokol kesehatan.

“Dari yang kita saksikan malam ini terlihat bahwa jumlah pengunjung tidak sebanyak biasanya hal ini membuktikan bahwa para petugas telah bekerja secara maksimal,” jelas Heroe

Selanjutnya Heroe mengutarakan bahwa banyak wisatawan yang ke Yogyakarta guna menikmati malam pergantian tahun 2022, yang bisa dilihat dari hotel-hotel penuh dan kendaraan dengan plat luar kota memadati jalanan. Hal itu membuktikan bahwa Yogyakarta ada di hati wisatawan dan pariwisata bergulir. Namun kita tetap harus waspada dengan kondisi pandemi jangan sampai pariwisata menjadi pintu masuk peningkatan jumlah penyitas Covid-19. Oleh karena itu protokol kesehatan harus ditegakkan dan distrubusi orang dan alur juga dikelola agar tidak terjadi kerumunan.

“Alun-alun dan fasilitas umum yang memungkinkan untuk tempat berkerumunnya orang kita tutup serta tidak ada kegiatan malam pergantian tahun di kampung-kampung,” papar Heroe.

Lebih lanjut Heroe menjelaskan bahwa petugas juga melakukan sweping pada kerumunan-kerumunan, hotel-hotel dan fasilitas umum guna memastikan tidak terjadinya kerumunan.

“Kami ingin mewujudkan Pariwisata yang sehat, aman dan nyaman di era pandemi ini,” pungkas Heroe.

Pada pukul 01.05 setelah tuntas memantau jalannya pergantian Tahun Baru 2022 di Malioboro, Wakil Walikota pun meninggalkan Pos Gumaton guna memantau arus lalulintas pasca pergantian tahun. (ant)