Tanamkan Nasionalisme dan Toleransi Melalui Gerakan Pramuka

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogya menggelar perayaan Hari Natal yang terpusat di SMA Bopkri Dua (Boda). 

Ketua panitia acara tersebut, Tri Harsono mengatakan acara ini memang rutin diselenggarakan tiap tahun, Ia pun mengingatkan di momentum Natal tahun 2021 agar lebih intropeksi diri dan menjadi berkat bagi banyak orang. 

"Acara ini diIkuti seluruh siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA sekota Yogya, melalui aplikasi zoom," ujarnya dilokasi, Senin, (10/01/2022).

Tri Harsono berharap dengan digelarnya acara tersebut gerakan Pramuka di Kota Yogya dapat menjalin relasi dengan Tuhan, manusia serta seluruh ciptaan Tuhan. 

“Untuk itu, sudah seharusnya semua umat Kristiani mensyukuri, merayakan, dan memaknai peristiwa agung ini dengan penuh syukur dan kegembiraan,” tandasnya. 

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, yang juga merupakan Ketua Kwarcab Kota Yogya, Heroe Poerwadi menyambut baik dengan digelarnya acara tersebut 

Wawali mengatakan bahwa Kota Yogya merupakan kota yang pluralis sehingga melalui gerakan Pramuka sikap saling menghormati dan memahami perbedaan dapat selalu dijaga. 

"Melalui gerakan Pramuka nilai-nilai nasionalisme harus ditanamkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," bebernya. 

Heroe juga memyampaikan dengan perayaan Natal bersama ini, dapat meningkatkan hubungan baik antar umat Kristiani dengan masyarakat dan pemerintah.

Pihaknya pun mengajak umat kristiani di Kota Yogya untuk terus mensyukuri anugerah Tuhan yang telah diterima selama ini.

Wawali berharap lewat perayaan ibadah Natal ini mampu menjadi sarana untuk menjalin hubungan dan motivasi, dalam pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat. 

“Marilah kita memahami makna dan hakekat agama, agar keragaman dan perbedaan mendatangkan rasa aman dan damai, yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran keagamaan yang kita yakini, dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan,” ajaknya.

Heroe menambahkan selama pandemi Covid-19, Kwarcab Kota Yogya terus berusaha menekan penyebaran Covid-19 melalui program Pramuka Peduli. 

“Dimasa pandemi ini Kwarcab Kota Yogya melakukan kegiatan Pramuka Peduli yaitu penyemprotan desinfektan di beberapa Gugus Depan dan pembagian paket sembako pada Pembina Pramuka di Kota Yogya”, tambahnya. (Han)