Antisipasi Genangan Air, Pemkot Bangun Sumur Resapan

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi hadiri pisah sambut Ketua RT dan RW 11 Sorosutan, pada Minggu malam (9/1) di RW 11 Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Turut hadir dalam kesempatan itu Ibnu Mahmud Bilalludin/DPR RI, Indaruwanto Eko Cahyono/DPRD Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Lurah Sorosutan dan tokoh masyarakat.

Heroe menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 belumlah berakhir oleh karena itu perlu adanya upaya bersama dalam mengantisipasinya, terlebih adanya ancaman munculnya varian baru.

“Salah satu upaya Pemkot adalah melalui vaksinasi dan saat ini mulai dilakukan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun,” kata Heroe.

“Pemkot mengapresiasi karya dan pengabdian pengurus lama serta mengucapkan terima kasih atas peran sertanya dalam pembangunan di Kota Yogyakarta dan aktifitasnya sebagai Satgas Covid-19 yang telah mengedukasi amsyarakat untuk melaksanakan prokes dan melakukan vaksin,” ungkap Heroe.

Selanjutnya Heroe berharap agar para pengurus RT dan RW yang baru terpilih agar bisa meneruskan apa yang telah dilakukan pengurus lama dan menyiapkan program pembangunan wilayah yang akan dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan yang akan datang.

Salah satu yang menjadi permasalahan kita adalah genangan air hujan, untuk antisipasi hal itu melalui beberapa dinas telah dibangun kurang lebih 3000 sumur resapan dan ditambah setiap bangunan baru harus membuat sumur resapan sebagaimana ketentuan dalam IMBB telah Heroe lebih lanjut.

“Dalam pedoman kami setiap genangan air harus sudah kering dalam waktu 20-30 menit setelah hujan berhenti, jika tidak maka perlu ada langkah untuk antisipasinya,” urai Heroe.

Heroe berharap agar di Sorosutan yang memiliki kondisi tanah pada dataran rendah dan berpotensi terjadinya genangan air yang bisa menjadi tempat bersarang nyamuk serta membawa penyakit bagi masyarakat di sekitarnya agar memprioritaskan masalah resapan dan saluran air hujan.

Ketua RT 41, Sugeng Upomo yang telah menjabat ketua RT selama 3 periode berturut-turut menjelaskan bahwa di wilayahnya sering terjadi genangan air akibat kurang memadainya saluran air hujan.

“Menyambung apa yang disampaikan Wakil Walikota maka kami dari RT 41 akan segera mengupayakan penyelesaian masalah genangan air melalui pembangunan saluran air hujan yang saat ini telah kami usulkan dalam Musrenbangkel,” tutur Sugeng.

Selanjutnya ia juga berharap agar program pembangunan resapan air dan saluran air hujan bisa disetujui Pemkot agar permasalahan genangan air juga bisa segera diselesaikan.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan kenang-kenangan oleh Wakil Walikota Yogyakarta pada Ketua RT dan RW 11 Sorosutan yang telah menyelesdaikan masa pengabdiannya. (ant)