Kelola Zakat dengan Baik, Baznas Kota Yogya Diganjar ISO 90001:2015

Di awal tahun 2022 ini Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya berhasil mendapatkan torehan istimewa, pasalnya Baznas Kota Yogya baru saja memperoleh sertifikat ISO 9001:2015 yang dikeluarkan oleh Worldwide Quality Assurance (WQA). 

Sebelum memperoleh sertifikat tersebut, Baznas Kota Yogya menjalani audit secara dalam jaringan (daring) agar protokol kesehatan selalu tetap terjaga. 

"Sebelum dinyatakan layak meraih sertifikat tersebut, kami terlebih dahulu melakukan serangkaian tahapan audit untuk melihat secara detail apakah proses kerja yang dilakukan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Ketua Baznas Kota Yogya Syamsul Azhari, Kamis (13/01/2022).

Syamsul menjelaskan sertifikat ISO 9001:2015 merupakan standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu produk atau jasa layanan terhadap kepentingan dan persyaratan konsumen, dalam hal ini adalah muzakki, dan mustahik. 

Untuk itu, katanya, dengan diraihnya sertifikat ini juga merupakan bukti profesionalitas Baznas Kota Yogya dalam melayani muzaki dan mustahik.

"Ini merupakan ikhtiar dalam rangka mewujudkan azas pengelolaan zakat yg sesuai ketentuan syar'i dan regulasi serta menjaga kepercayaan masyarakat," pungkasnya. 

Pihaknya pun mengucapkan rasa syukurnya serta berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga Baznas Kota Yogya berhasil meraih sertifikat ISO 90001:2015. 

"Penghargaan ini tentu harus jadi kekuatan yang memicu kita ke depan, karena penghargaan ini sekaligus menunjukkan manajemen yang berjalan telah memenuhi persyaratan yang berlaku," katanya (Han)