Warga Lansia Yogya Antusias Ikut Vaksinasi Booster   

Para warga lanjut usia (lansia) di Kota Yogyakarta antusias mengikuti vaksinasi booster Covid-19 yang mulai diadakan Pemerintah Kota Yogyakarta. Antusiasme itu terlihat dari kehadiran para lansia yang memenuhi undangan untuk vaksinasi booster Covid-19. Vaksinasi booster Covid-19 pada tahap awal menyasar warga lansia sebagai orang yang berisiko tinggi.

Salah seorang warga lansia yang sudah mendapat vaksin booster, Sujono (70) mengaku tidak merasakan keluhan negatif usai disuntik vaksin booster. Warga Giwangan itu bersyukur karena lansia menjadi prioritas dahulu untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19. Ia pun merasa lebih tentram dan aman karena mendapat suntikan vaksin booster Covid-19.

“Rasanya hampir sama saat menerima vaksin pertama dan kedua. Jadi memang tidak ada rasa apa- apa atau rasa aneh. Di hati sudah tentram karena sudah tiga kali divaksin,” kata Sujono usai mengikuti vaksinasi booster Covid-19 di aula SLB Negeri Pembina Yogyakarta, (17/1/2022).

Hal senada disampaikan  Mujiyem (60) warga Ngaglik Giwangan. Dia merasa kondisi tubuhnya baik- baik saja setelah disuntik vaksin booster Covid-19. Mujiyem mengaku lebih mantap setelah mendapat suntikan vaksin booster untuk menghadapi pandemi Covid-19. “Sehat- sehat saja dan baik- baik saja,” imbuh Mujiyem.

Sedangkan Paryati (70) bersyukur dirinya bisa mendapatkan suntikan vaksinasi booster Covid-19. Hal itu dinilai sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. “Allhamdulilah sudah bisa mendapat vaksinasi lagi. Ini untuk menjaga kesehatan,” ujar Paryati.

Tahapan vaksinasi booster Covid-19 sama dengan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Warga lansia harus melalui pemeriksaan kondisi kesehatan dulu seperti suhu tubuh dan tekanan darah. Bila lolos lansia akan mendapat suntikan vaksin booster. Jenis vaksin booster yang disuntikan adalah AstraZeneca.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah mengatakan, kick off atau pencanangan vaksinasi yang diadakan Pemkot Yogyakarta salah satunya di SLB Negeri Giwangan pada Senin (17/1/2022) menyasar 600 warga lansia dari Kelurahan Giwangan dan Pandeyan. Total sasaran awal vaksinasi booster lansia di Kota Yogyakarta sekitar 24.000 orang.

“Pada akhirnya nanti semua warga Indonesia usia 18 tahun ke atas yang jarak vaksinasi dosis kedua minimal sudah 6 bulan, berhak mendapatkan vaksinasi booster. Semua harus bersabar karena pada saatnya akan mendapat giliran sesuai pentahapan vaksinasi. Kami selesaikan dulu lansia karena punya risiko tinggi dibandingkan kelompok lainnya,” jelas Lana.

Dia menyatakan kegiatan vaksinasi booster Covid-19 bagi lansia dilaksanakan 17-19 Januari 2022 di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dan Monumen Diponegoro. Sebanyak 11 rumah sakit pelaksana vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta juga melakukan vaksinasi saat pencanangan vaksinasi booster pada Senin (17/1/2022) bagi lansia di wilayah masing- masing. Untuk pelaksanaan vaksinasi booster selanjutnya akan ada pemberitahuan lebih lanjut karena masih dikoordinasikan untuk mencari tempat yang sesuai. Mekanisme vaksinasi booster lansia tetap melalui undangan.(Tri)