LPMK Garda Depan Pembangunan di Kelurahan

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi hadiri silaturahmi dengan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) se Kota Yogyakarta dan Asosiasi LPMK Kota Yogyakarta pada Senin (17/1) di Tarumartani, Baciro, Yogyakarta. Wawali menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama LPMK dengan Pemkot Yogya yang telah berjalan hampir lima tahun dan khususnya selama dua tahun terakhir di masa pandemi Covid-19.

“Berkat bantuan dan dukungan LPMK yang mengedukasi masyarakat dan berbagai kegiatan penanganan pandemi Covid-19 di masing-masing kelurahan, saat ini kita bisa rasakan hasilnya dengan rendahnya kasus penularan Covid-19 di Kota Yogyakarta,” kata Heroe.

Selanjutnya Heroe menyampaikan bahwa melalui kepemimpinan para Ketua LPMK yang turun secara langsung di masyarakat dengan menggerakkan potensi yang ada baik dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) hingga pelaksanaan pembangunan dan evaluasinya. Hal ini bisa dilihat dari kemajuan pembangunan partisipatif di kelurahan-kelurahan yang ditandai beragamnya kegiatan di masyarakat baik pembangunan fisik maupun non fisik.

“Kebersamaan dan jalinan kerjasama ini hendaknya bisa ditingkatkan dan dijaga keberlangsungannya agar roda pembangunan bisa berjalan dan meningkat dari tahun ke tahun,” papar Heroe.

Sementara Haryanto Ketua Asosiasi LPMK Kota Yogyakarta yang juga Ketua LPMK Kricak menuturkan bahwa selama ini jalinan kerjasama antara Pemkot dengan LPMK telah berjalan dengan baik dan sinergi.

“Pemkot dengan LPMK telah berhasil membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang manfaatnya telah kita rasakan bersama saat ini,” tutur Haryanto

Haryanto juga menyampaikan bahwa selama ini beragam masalah yang muncul di masing-masing kelurahan dari mulai kemiskinan hingga sarana prasarana fasilitas umum telah berhasil dicarikan solusinya secara bersama antara Pemkot dengan LPMK.

“Kami berharap agar pada tahun-tahun mendatang sinergitas dan kebersamaan antara Pemkot dan LPMK dalam mengurai permasalahan yang muncul di wilayah dan penyelesaianya bisa ditingkatkan dan diteruskan keberlangsungannya,” harap Haryanto.

Di penghujung silaturahmi Ketua Asosiasi LPMK kota Yogyakarta Haryanto menyerahkan tanda cinta pada Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih atas sinergitas dan kebersamaan yang selama ini terjalin. Diharapkan pada tahun mendatang sinergitas dan kerjasama terjalin semakin erat dan meningkat. (ant)