Suryatmajan Bakal Bangun Tempat Wisata dengan Konsep Seni dan Budaya

Kelurahan Suryatmajan, Kemantren Danurejan, Kota Yogya terus melakukan inovasi guna menarik wisatawan untuk berkunjung. 

Setelah sukses membuat Taman Serambi Surga (Serambi Suryatmajan River Garden) yang berlokasi di Kampung Ledok Macanan, Kelurahan ini juga akan membuat Plataran Niyaka Cokro. 

Lurah Kelurahan Suryatmajan, Weda Satiya Negara mengatakan konsep pembangunan di Kelurahan Suryatmajan adalah mengintegrasikan potensi-potensi seluruh kampung menjadi satu jalur pariwisata dengan keunggulan masing-masing. 

"Seperti tema sebelumnya yakni pariwisata dan budaya maka kami akan melanjutkan pembangunan di Kampung Cokrodirjan melalui Plataran Niyaka Cokro," katanya saat Musrenbang di Novotel, Minggu (23/01/2022).

Weda menjelaskan Plataran Niyaka Cokro ini dapat digunakan sebagai tempat wisata dengan konsep seni dan budaya dimana akan ada panggung untuk ekspresi dan apresiasi seni budaya sekaligus menarik wisatawan berkunjung, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat secara luas.

Dipilihnya Kampung Cokrodirjan karena kampung tersebut memiliki potensi seni dan budaya yang sangat menonjol. 

"Kampung ini memiliki kesenian tradisional karawitan, dan juga memiliki bregodo yang dinamakan bregodo Cokrodirjo," bebernya.

Selain Kampung Cokrodirjan, kampung-kampung yang berada di Kelurahan Suryatmajan juga mempunyai beragam potensi.

Adapun potensi-potensi tersebut berupa kampung jambu, kawasan pedestrian Kali Code, kawasan kuliner, jalur sepeda, kampung budaya, kelompok tani, co-working space, angkringan dari hasil pertanian, dan lainnya. 

"Berbagai potensi ini akan diintegrasikan dengan potensi di kampung lain di Kelurahan Suryatmajan. Sehingga nantinya wisatawan bisa menikmati berbagai potensi yang ada di Kelurahan Suryatmajan," ungkapnya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi sangat mengapresiasi konsep pembangunan di Kelurahan Suryatmajan. 

Wawali berharap dengan adanya konsep tersebut dapat menambah kesejahteraan masyarakat Kelurahan Suryatmajan. (Han)