Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata di Kota Yogya

 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali melakukan pembinaan sekolah Adiwiyata tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Yogyakarta sejak pekan lalu. Untuk hari ini Senin (24/1) pembinaan dilakukan kepada calon sekolah Adiwiyata tingkat SD dan SMP, di Ruang Bima, Lantai 4 DLH Kota Yogyakarta.

Analis Kebijakan Ahli Muda DLH Kota Yogyakarta Christina Endang mengatakan, Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian LHK dalam rangka upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Adanya program Adiwiyata ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah yakni guru, murid dan pekerja lainnya. '' Sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya–upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Tidak hanya sekolah saja yang terlibat melainkan para elemen di dalamnya yakni guru murid dan para karyawan yang bekerja di sekolah tersebut ikut membantu menjadi sekolah Adiwiyata," ujarnya.

Pembinaan calon Sekolah Adiwiyata Kota Tahun 2022 ini sudah dilakukan sejak hari Selasa, 11 Januari 2022 di Ruang Adipura Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. '' Harapannya semua yang ikut dalam pembinaan calon sekolah Adiwiyata bisa meningkatkan kualitas sekolah dengan kreativitas dan inovasi yang dimiliki," tambah Christina.

Peserta yang dibina adalah Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Yogyakarta. Pembinaan yang dilakukan meliputi pengisian kuesioner, Evaluasi Diri Sekolah (EDS) yang terdiri dari 16 folder bukti. Selain itu juga kelengkapan administrasi silabus, dan Hasil Karya siswa yang mengintegrasikan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) didalam implementasi belajar mengajar serta dokumen-dokumen lain yang mendukung.

" Semoga semua calon sekolah Adiwiyata memenuhi sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan. Dengan acara ini diharapakan sekolah dapat mempersiapkan untuk menuju sekolah adiwiyata dengan baik," ungkapannya. (Hes)