11 Lembaga Terima Penghargaan Bulan Dana PMI Kota Yogya

 

Sebanyak 11 lembaga menerima penghargaan dari PMI Kota Yogyakarta sebagai bentuk apresiasi atas bantuan dan upaya dalam pelaksanaan Bulan Dana PMI Tahun 2021. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam Penutupan Bulan Dana PMI Kota Yogyakarta Tahun 2021 pada Rabu (2/2) di Markas PMI Kota Yogyakarta Jalan Tegalgendu Kotagede Yogyakarta.

Bulan Dana PMI adalah kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh PMI untuk memenuhi kebutuhan dana operasionalnya. Kesebelas lembaga penerima pengharaan tersebut, antara lain PDAM Tirta Marta Yogyakarta, Bakpia Pathok 25, RS Panti Rapih, CV Dian Kencana, KPPD DIY di Kota Yogyakarta (Samsat), Satpas Kota Yogyakarta, Polresta Yogyakarta, Duta Foto, Roti Murni, PT Yogya Indah Sejahtera Malioboro Mall dan Pamella Grup. 

Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan bahwa salah satu prinsip dasar PMI adalah kesukarelaan dan penggalangan dana, ini juga merupakan upaya gotong royong dalam membantu operasional PMI secara sukarela.

“Hasil bulan dana PMI Kota Yogyakarta juga digunakan untuk operasional kegiatan antara lain, pertolongan pertama gawat darurat (PPGD), pelayanan ambulans penanggulangan bencana, pendidikan dan pelatihan serta pendampingan masyarakat,” kata Heroe Poerwadi. 

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa penggalangan dana dilakukan melalui kupon sumbangan yang diedarkan melali lembaga/organisasi atau instansi pemerintah, seperti melalui kepolisian dimana setiap warga yang memperpanjang SIM dimintai sumbangan sebesar Rp 5.000.

“Sumbangan masyarakat dari mulai tiga ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah dilakukan dengan sukarela merupakan sumbangan yang tidak mengikat. Alhamdulillah meski dalam suasana pandemi namun di tahun 2021 hasil dari Bulan Dana PMI Kota Yogyakarta sebesar Rp 678.691.859 dan naik 36 persen dibandingkan tahun 2020,” jelas Wawali.

Dalam kesempatan itu, Daryadi Kepala Markas PMI Kota Yogyakarta menuturkan bahwa PMI Kota Yogyakarta memberikan penghargaan pada lembaga/organisasi atau instansi yang telah membantu pelaksanaan Bulan Dana PMI Kota Yogyakarta.

“Pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas bantuan dan upaya lembaga tersebut dalam pelaksanaan bulan dana PMI,” tutur Daryadi. (ant)