Musrenbang Kemantren Wirobrajan Fokuskan Pada Pemberdayaan Masyarakat

 

Kemantren Wirobrajan menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022, kegiatan ini digelar untuk menyelaraskan usulan dari beberapa kelurahan yang ada di wilayah tersebut yang didapatkan ketika Musrenbang tingkat Kelurahan. 

Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, Sarwanto mengungkapkan kegiatan Musrenbang tingkat Kemantren ini digelar setelah seluruh kelurahan se Wirobrajan juga telah menggelar Musrenbang. 

"Hasil dari Musrenbang Kelurahan tadi kita selaraskan agar dapat mewujudkan peningkatan infrastruktur maupun perekonomian yang berbasiskan kampung," jelasnya, Sabtu (12/2/2022).

Pihaknya mengungkapkan bahwa Kemantren Wirobrajan terus mengupayakan peningkatkan kualitas sumber daya manusia, peningkatan infrastruktur, pembangunan wilayah, peningkatan perekonomian, serta pemantapan kinerja aparatur.

"Pagu anggran Kemantren Wirobrajan ditahun 2022 digunakan untuk kegiatan program kerja yang ada di Kemantren susuai dengan usulan dari kelurahan serta usulan dari kelembagaan sosial yang ada ditingkat kemantren," katanya. 

Sarwanto menjelaskan ada beberapa usulan utama dalam Musrenbang tersebut, salah satunya adalah pengembangan bank sampah. 

"Supaya tiap RW mempunyai bank sampah aktif, dengan itu dapat melakukan pengolahan dan pemilahan sampah dengan baik," katanya.

Selain itu juga ada usulan untuk pelatihan pertanian perkotaan untuk tanaman anggrek, lidah buaya, dan anggur, tujuannya adalah untuk menambah penghasilan warga masyarakat. 

"Ketiga tanaman ini banyak sekali ditemui di Wirobrajan, dengan adanya pelatihan tersebut masyarakat akan mendapat ilmu yang mana akan bermuara pada peningkatan ekonomi di masyarakat juga," jelasnya. 

Tak sampai disitu, untuk meningkatkan kesejahteraan warganya, Kemantren Wirobrajan juga akan membentuk koperasi UMKM di wilayah tersebut. 

"Para pelaku UMKM di Kemantren Wirobrajan belum mempunyai wadah untuk membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonominya, untuk kami akan membuat koperasi UMKM," bebernya. 

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan tujuan dari penyelenggaraan Musrenbang adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kemantren. 

Untuk itu, Wawali menegaskan agar warga optimistis terhadap penyelenggaraan Musrenbang di Kemantren karena sebagai acuan Pemkot Yogya dalam menyusun skala prioritas pembangunan.

Pihaknya berharap peserta Musrenbang dapat mengikuti acara dengan maksimal agar bisa membawa hasil yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat. (Han)