Pemkot Yogya Raih Penghargaan Penyaluran DAK Fisik Tercepat Tahun 2021

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) atas prestasinya dalam penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tercepat tahun 2021.

Kepala KPPN Yogyakarta, Rizki Tavianto Karipany mengatakan penghargaan tersebut merupakan apresiasi untuk Pemkot Yogya atas prestasi tersebut. 

Rizki mengungkapkan pada penghargaan tersebut tidak serta merta diberikan begitu saja, akan tetapi ada beberapa indikator penilaian, yakni berdasarkan kecepatan, ketepatan, dan keakuratan dalam pengelolaan dokumen untuk pencairan.

 “Banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan hal ini tidak mudah. Namun Pemkot Yogya berhasil memenuhi persyaratan-persyaratan ini," katanya, Rabu (16/2/2022).

Ia berharap dengan percepatan penyaluran DAK fisik tersebut manfaatnya akan selalu dirasakan oleh masyarakat Kota Yogya dan nantinya memberikan multiplier effect bagi pemulihan ekonomi di Kota Yogya.

"Mengingat DAK Fisik sebagian besar merupakan proyek-proyek infrastruktur, yang memiliki daya ungkit yang tinggi bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Yogya," harapnya. 

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian tersebut. Menurutnya raihan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan Pemkot Yogya.

“Alhamdulillah dan kita bersyukur atas capaian ini. Raihan ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama seluruh pihak yang terlibat,” ucapnya.

Haryadi menambahkan dengan diraihnya prestasi tersebut menjadi bukti bahwa Pemkot Yogya berada di jalur dan regulasi yang benar dalam penyaluran DAK Fisik. 

Pihaknya berharap pemberian penghargaan ini dapat mendorong seluruh ASN Pemkot Yogya untuk terus bekerja keras demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat Kota Yogya. (Han)