Bantaran Sungai Code Jetisharjo Tampil Berwarna   

Bantaran Sungai Code di wilayah Kampung RW 7 Jetisharjo Kelurahan Cokrodiningratan Kota Yogyakarta tampil berwarna. Ruang terbuka hijau di tepi bantaran Sungai Code tampil apik dengan warna biru putih. Begitu pula dengan rumah- rumah penduduk di sekitar juga dicat warna biru putih serupa bangunan rumah di Pulau Santorini Yunani.

Ya penampilan baru di Kampung Jetisharjo itu adalah hasil kerja bakti masyarakat dengan bantuan cat dari produsen cat Nippon Paint. Ketua RW 7 Kampung Jetisharjo Ahmad Herwaman Sediyana mengucapkan terima kasih kepada Nippon Paint atas bantuan cat tersebut. Pengecatan tersebut dilakukan masyarakat Jetisharjo.

“Ini capaian luar biasa karena sampai lembur- lembur. Terima kasih kepada masyarakat yang sudah membantu tenaga dan materi karena setiap hari kita kerja bakti, konsumsi dan lainnya,” kata Ahmad saat meresmikan hasil revitalisasi di ruang terbuka hijau di bantaran Sungai Code Jetisharjo, Sabtu (19/2/2022).

Menurut Ahmad selama ini masyarakat semaksimal mungkin membangkitkan ekonomi melalui wisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebelum pandemi di ruang ruang terbuka hijau pinggir Sungai Code di Jetisharjo itu diadakan Pasar Minggon dengan banyak pedagang UMKM serta kegiatan senam dan jalan sehat. Jetisharjo selama ini juga mengembangkan ekowisata Jelajah Kampung di bantaran Sungai Code.

“Setelah ini diresmikan harapan kami di pengurus wisata dan RW agar kawasan yang sudah rapi dan ditata dengan baik agar berkelanjutan. Kami akan coba viralkan melalui instagram Wisata Kali Code demi membangkitkan ekonomi masyarakat,” papar Ahmad.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyambut baik hasil revitalisasi di kawasan Sungai Code Jetisharjo yang dilakukan masyarakat dengan bantuan cat dari Nippon Paint. Hal itu sejalan dengan upaya Pemkot Yogyakarta menata dan memperindah kawasan sungai di Kota Yogyakarta. Heroe menyatakan penataan revitalisasi kawasan sungai di kota Yogyakarta dengan konsep 3 M yaitu mundur munggah madhep kali (mundur, naik dan menghadap) sungai.

“Bagaimana sungai menjadi halaman depan, berarti kita harus menjaga sebagai wajah kita untuk bisa menjadi bagian dari warna kehidupan kita. Oleh karena itu program Pemkot Yogyakarta merevitalisasi sungai- sungai yang ada di Yogyakarta dengan tiga M mundur, munggah madhep kali,” terang Heroe.

Heroe mengucapkan terima kasih kepada Nippon Paint yang telah bekerja sama dengan masyarakat untuk memperindah kawasan sungai. Heroe menilai upaya memperindah sungai penting untuk menarik masyarakat agar mau mengunjungi tempat itu dengan nyaman. Langkah itu juga mendukung kampung dengan potensi kawasan sungai mendapatkan kesempatan mengakses sektor wisata. “Oleh karena itu beutifikasi atau mempercantik sungai itu menjadi penting,” ujarnya.

Sementara itu Area Sales Manager Nippon Paint Jawa Tengah, Topan Wijaksono menyebut melalui program CSR Warnai Kehidupan dari Nippon Paint menyumbangkan cat sebanyak 1.554 liter atau mencakup 12.60 meter persegi setara 150 rumah di Kampung Jetisharjo. Tema warna blue white atau biru putih itu hasil koordinasikan dengan masyarakat di Jetisharjo.

“Saat berkunjung awal ke Jetisharjo, kami melihat masyarakat antusias membangun dan kondisi lingkungan Kali Code bersih. Alasan itulah yang membuat kami memutuskan untuk ikut membantu dalam revitalisasi  Kali Code di Jetisharjo. Kami berharap wisata Kali Code kembali terangkat dan bisa menjadi pertumbuhan ekonomi warga sekitar,” tandas Topan. (Tri)