Ormas Diharapkan Ikut Bantu Majukan Kota Yogya

 

 

Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi keberadaan organisasi masyarakat (ormas) di Kota Yogyakarta. Diharapkan setiap ormas selalu berpegang teguh dalam upaya penyaluran kegiatan, pembinaan serta penyaluran aspirasi dari anggotanya.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Sisruwadi dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Harmoni Pemerintah dan Ormas untuk Kota Jogja Istimewa’ Rabu (23/2) di Hotel Burza Yogyakarta.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta dengan harapan dapat memperkuat organisasi masyarakat (ormas) terhadap pengembangan individu yang nantinya dapat bermanfaat pada anggota dan masyarakat.

Sisruwadi mengatakan, dengan adanya kegiatan ini mampu menyalurkan aspirasi masyarakat dan memahami arti penting ormas itu sendiri dengan terus mengadakan kegiatan yang sifatnya dapat membangun Kota Yogyakarta lebih baik lagi dengan menggandeng pihak terkait untuk bersama-sama berupaya membangun Kota Yogyakarta tertib dalam bermasyarakat.

Selain itu, keberadaan organisasi kemasyarakatan merupakan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 dan Pasal 29 Ayat 2. “ Kedua pasal tersebut menjamin kebebasan berserikat atau berorganisasi, dan kemerdekaan untuk memeluk agama juga kepercayaan. Karena itu, keberadaan dari organisasi kemasyarakatan menemukan titik pentingnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta Budi Santoso mengungkapkan, untuk kegiatan FGD ini melibatkan 66 ormas di Kota Yogyakarta yang di bagi menjadi dua sesi. Ormas yang terlibat merupakan dari berbagai aktivitas seperti keagamaan, sosial, pendidikan, keamanan, ketertiban dan lain sebagainya.

“ Saya berharap ormas yang datang hari ini memberikan aspirasinya untuk membantu pemerintah memajukan Kota Yogyakarta. Selain itu, diharapkan ormas memiliki kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing,” jelasnya.

Budi Santoso berharap, ke 66 ormas dapat mendiskusikan dan memberikan masukan satu dan lainnya terutama dalam menghadapi kegiatan di situasi seperti ini.

“ Semoga semua ormas tetap menjalin hubungan dengan baik dan saling bertukar pikiran agar kedepannya menjadi lebih baik lagi dan menguatkan kembali tujuan dan harapan kita bersama dengan dukungan dari pemerintah,” katanya. (Hes)