Pemkot Malang Belajar Tata Ruang Kota Yogya


 

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Malang yang dipimpin oleh Walikota Malang, Sutiaji beserta Ketua TP PKK Kota Malang Widayati, di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta, Jumat (4/3). Kunjungan yang diterima Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya bertujuan untuk bertukar ilmu mengenai penataan tata ruang yang ada di Kota Yogyakarta.

“ Saya terima kasih kepada Pemkot Yogyakarta yang luar biasa, kami mengunjungi untuk belajar apapun yang ada di Kota Yogya, mulai dari penataan Pedagang Kaki Lima (PKL), Smart City dan cagar budaya yang ada di Kota ini,” jelas Walikota Malang Sutiaji.

Menurutnya, Kota Malang dengan Kota Yogyakarta memiliki kemiripan. Untuk Kota Malang sendiri saat ini menjadi Kota Pendidikan, Pariwisata dan Kota Industri. Diharapkan dengan kunjungan yang dilakukan menambah inovasi dan belajar untuk lebih baik ke depannya.

“ Kota Malang memiliki kemiripan dengan Kota Yogyakarta. Untuk industri sendiri berfokus pada pendidikan dan wisata yang dikembangkan hampir sama, bukan hanya berbasis alam dan lingkungan melainkan berbasis budaya yang sama persis dengan Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Pihaknya berharap, ilmu yang didapat akan segera diterapkan di Kota Malang. Diharapkan Kota Malang akan terus menjalin hubungan baik dan bekerjasama dengan Pemkot Yogyakarta.

Seusai berdiskusi bersama, Walikota Malang Sutiaji diajak oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya untuk mengunjungi lahan parkir vertikal atau bertingkat yang ada di Pemkot Yogyakarta yang sudah dioperasikan sejak Februari 2022.

“ Ini adalah salah satu lahan yang kita jadikan tempat parkir vertikal dengan memaksimalkan lahan yang ada mengingat penataan parkir di Balai Kota sangat padat,” ujar Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat melakukan tinjauan.

Dengan memaksimalkan lahan yang ada, parkir vertikal ini memiliki enam lantai dengan kapasitas muatan 180 unit sepeda motor.

“ Lahan ini kami manfaatkan untuk parkir motor para masyarakat yang berkunjung ke Pemkot Yogyakarta tanpa dipungut biaya sepeserpun, ini murni fasilitas dari pemerintah,” katanya.

Aman berharap inovasi yang dimiliki oleh Pemkot Yogyakarta ini bisa di tiru oleh Pemkot Malang dengan memanfaatkan lahan yang ada bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke kantor pemerintah. (Hes)