Provinsi Jambi Belajar Kepemimpinan Administrator di Pemkot Yogya


 

Peserta Studi Lapangan Kinerja Organisasi, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IV Provinsi Jambi studi banding ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Kunjungan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Selasa (8/3) di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta. Para peserta ingin mengetahui dan mempelajari beragam inovasi yang dimiliki Pemkot Yogyakarta untuk diterapkan di daerah asalnya.

Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi Abdul Mukti ini mengajak 45 peserta yang terdiri dari peserta, pembimbing dan panitia setiap OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.

Abdul Mukti mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan melaksanakan pembelajaran pelatihan kepemimpinan administrator sesuai dengan Peraturan Kepala LAN-RI No 16 Tahun 2019 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator.

“ Semoga dengan kunjungan ini dapat mengaktualisasikan kepemimpinan manajemen kinerja dalam mendukung pelaksanaan tugas memimpin kegiatan pelayanan publik,” jelasnya.

Selain itu, kunjungan ini juga dimanfaatkan untuk mengadopsi dan adaptasi mengenai keunggulan dan strategi peningkatan kualitas kinerja dalam organisasi dari Pemkot Yogyakarta dengan mengunjungi beberapa OPD yang sesuai dengan pembelajaran pelatihan kepemimpinan administrator. 

Peserta yang dibagi menjadi tiga kelompok akan diajak melihat dan memperhatikan kinerja organisasi yang ada di lingkungan Pemkot Yogyakarta seperti di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Bagian Protokol Kota Yogyakarta.

“ Saya berharap semua peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Memaksimalkan studi ini dengan penuh tanggungjawab,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, kunjungan ini diharapkan mampu membantu Pemerintah Provinsi Jambi untuk belajar dan saling bertukar pikiran untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

“ Semoga dengan berkunjung ke Kota Yogyakarta, rombongan peserta dari Pemerintah Provinsi Jambi menambah kemampuan dalam perkembangan kinerja berorganisasi terutama dalam layanan di masyarakat,” ujarnya. (Hes)