Saskia Manjakan Pemustaka Cilik Isi Waktu Luang

Untuk menarik minat baca bagi generasi muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya miliki program seru tiap akhir pekan, yakni Saskia (Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta).

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan program Saskia merupakan salah satu layanan perpustakaan khususnya pada setiap hari Sabtu agar masyarakat mengunjungi perpustakaan.

"layanan Saskia ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca di kalangan siswa-siswi usia SD dan SLTP saat waktu luang atau libur sekolah dengan aktivitas literasi berbasis perpustakaan," jelasnya, Kamis (10/3/2022).

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini merupakan sarana interaksi antara pustakawan dengan pemustaka untuk memberikan bimbingan, promosi, story telling, dan lain sebagainya.

"Kegiatan ini diadakan untuk menyapa pemustaka cilik yang memanfaatkan hari libur dengan berkunjung ke perpustakaan dan mereka akan diberi apresiasi berupa merchandise menarik," katanya.

Meski dibuka pada akhir pekan, pihaknya menegaskan jika protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. Nunun menjelaskan jika selama pandemi Covid-19 kuota pengunjung di dua perpustakaan tersebut dibatasi. 

"Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di area perpustakaan, pihaknya juga kerap melakukan sterilisasi terhadap seluruh sarana dan prasarana pustaka," katanya.

Hal senada dikatakan Pustakawan Kota Yogya, Hawa Fitri Ani, ia mengungkapkan berbagai kegiatan dihadirkan dalam program tersebut. 

"Kami melakukan kegiatan yang bervariatif, di Saskia ini kita mencoba mengenalkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan rekreasi," ujarnya. 

Kegiatan tersebut seperti mengganbar, melipat kertas menjadi sebuah bentuk atau origami, serta menempelkan manik manik di buku gambar

Hawa berharap dengan adanya saksia ini akan meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Kota Yogya. (Han)