Wawali Lepas Kontingen POPDA Kota Yogyakarta

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Daerah Istimewa Yogyakarta kembali akan digelar pada 14 -16 Maret 2022 dengan mempertandingkan 29 cabang olahraga. Sebelumnya POPDA DIY yang akan digelar pada tahun 2021 tidak bisa terselenggara akibat adanya pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga akan mengirimkan atlet pelajar untuk mengikuti POPDA DIY tersebut. Para atlet yang akan diberangkatkan tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Pengurus Kota (Pengkot) Cabang Olahraga yang ada di Kota Yogyakarta.

POPDA DIY merupakan wahana atlet pelajar untuk menunjukkan kemampuannya setelah mereka melakukan latihan rutin di sekolah, di Club, di Pengkot Cabang Olahraga yang bersangkutan. Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi ketika melepas kontingen POPDA Kota Yogyakarta pada Jumat (11/3) di ruang Bima, Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Hadir dalam pelepasan tersebut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga beserta jajarannya, dan perwakilan atlet dan pelatih kontingen POPDA Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta juga menyampaikan bahwa pembibitan atlet hendaknya terus dilakukan di satuan pendidikan dan tidak hanya terhenti pada kejuaraan POPDA semata agar bibit-bibit unggul tersebut bisa tumbuh kembang menjadi atlet profesional yang berprestasi dan mengharumkan nama Kota Yogyakarta.

“Selain meraih prestasi para atlet hendaknya menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas mengingat olahraga merupakan simbol persatuan dan kebanggaan kita bersama. Selamat berjuang, Selamat bertanding, raih prestasi terbaik untuk Kota Yogyakarta dengan menjadi juara umum dalam POPDA DIY tahun 2022,”  kata Heroe.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Budi Santosa Asrori melaporkan bahwa jumlah kontingen yang akan mengikuti POPDA DIY sejumlah 400 orang yang terdiri 44 pelatih dan 356 atlet yang akan bertanding dalam 28 cabang olahraga.

“Setelah kami lakukan seleksi melalui Pengkot pada 15-16 Januari 2022, para atlet yang lolos seleksi kami masukkan dalam pemusatan latihan mulai tanggal 17 Februari hingga 14 Maret 2022,” jelas Budi

Pada saat pemusatan latihan para atlet difasilitasi dengan uang transport, makan dan minum, sewa tempat latihan dan demikian juga para pelatih difasilitasi dengan uang saku dan makan minum.

Achmed Azzam Al Atiq dari cabang panjat tebing yang merupakan siswa SDN Timuran, Zahra Amalia Taufiqqurahman dari cabang atletik siswi SMAN 4 Yogyakarta, Auriel Juanito dari cabang angkat besi siswa  SMA Budya Wacana dan Salwa Risania Nugraheni dari cabang Tarung Drajad siswi  SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta mengutarakan rasa bangganya bisa mewakili Kota Yogyakarta dalam POPDA DIY tahun 2022 dan bertekad untuk meraih prestasi terbaik sebagai juara.

Hal senada juga disampaikan oleh Aris Sapto Priyono pelatih cabang olahraga tarung drajad dan Rosi Pamungkas pelatih cabang olahraga angkat besi yang berkeinginan agar atlet binaannya bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.

“Kami optimis kontingen POPDA Kota Yogyakarta bisa menjadi juara umum dalam POPDA DIY tahun 2022,” tutur Aris.

Pelepasan kontingen POPDA Kota Yogyakarta ditandai dengan pemakaian jaket oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada 2 atlet putra putri secara simbolis yang diikuti anggota kontingen yang secara serentak mengenakan jaketnya masing-masing. (ant)