Dengan JSS Membuat KIA Lebih Mudah

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta mempermudah cara mendaftar Kartu Identitas Anak (KIA) dengan menggunakan aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Sehingga para orang tua bisa mendaftarkan KIA anak mereka dimanapun dan kapanpun secara aman dan nyaman.

Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta, Septi Sri Rejeki mengatakan, pembuatan KIA memiliki dua kategori usia. Dimana KIA tersebut memiliki fungsi yang sama namun hanya berbeda dalam isinya. “Pembuatan KIA ini memiliki dua kategori dimana pada usia 0-5 tahun KIA yang digunakan tidak memakai foto. Namun pada usia 5-17 tahun KIA wajib menggunakan foto,” ujarnya.

Lewat kartu tersebut pemerintah mengupayakan untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak sesuai dengan identitas usia anak yang kurang dari 17 tahun. “KIA ini memang berbeda dengan KTP, dimana cara membuatnya yang harus menggunakan rekam foto, sidik jari dan sebagainya. Untuk pembuatan KIA masyarakat dipermudah melalui aplikasi JSS,” jelasnya.

KIA memiliki beberapa informasi yang dibutuhkan sang anak, yaitu di dalam KIA tertera nomor induk kependudukan dan nama orang tua. Namun KIA ini tidak memiliki chip elektronik seperti KTP. Oleh sebab itu, jika memang masyarakat memiliki kesulitan saat membuat KIA, Dindukcapil Kota Yogyakarta siap melayani masyarakat dengan melakukan program jemput bola. Dimana nantinya dari Dindukcapil Kota Yogya akan menyasar ke SD, SMP dan SMA baik negeri maupun swasta untuk dibantu dalam pembuatan KIA.

“Sampai saat ini perkembangannya bagus dan meningkatkan angka kepemilikan KIA di Kota Yogyakarta. Program jemput bola ini dilakukan ke sekolah-sekolah negeri maupun swasta sudah kita lakukan sejak 2012 sampai saat ini,” kata Septi.

Lebih lanjut dijelaskan jika memang usia anak masuk TK namun belum memiliki KIA, cukup dengan akte kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) orang tua bisa mengurus KIA dengan mudah. “Kegunaan akte kelahiran dan KK ini untuk melihat usia anak apakah masuk dalam kategori anak 0-5 tahun atau 5-17 tahun,” jelasnya. (Hes)