Kota Yogya Masuk Penilaian Tahap Dua PPD 2022

Pemerintah Kota Yogyakarta mengikuti proses penilaian tahap dua Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2022.

PPD merupakan kegiatan pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah yang dilakukan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN).

Dalam paparannya, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menjelaskan capaian kinerja pembangunan Kota Yogya, salah satunya adalah aspek pertumbuhan ekonomi.

Pemkot Yogya memiki berbagai strategi untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat, salah satunya adalah mendongkrak pariwisata melalui lima rute sepeda wisata.

"Serta pengkayaan atraksi baru kampung wisata dan integrasi daya tarik wisata melalui jejaring produk wisata," bebernya di ruang Yudistira, Rabu (16/3/2022).

Wawali juga membeberkan berbagai inovasi yang dilakukan Pemkot Yogya, seperti menggalakkan kampung sayur di tiap wilayah.

"Konsep kampung sayur ini adalah dengan memanfaatkan lahan idle perkotaan," katanya.

Heroe mengungkapkan kampung sayur merupakan inovasi yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta sejak tahun 2018 dengan membentuk Pilot Project Kampung Sayur di Kelurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo.

"Pilot project tersebut memberikan hasil yang positif dan mulai direplikasi di kelurahan lain seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat untuk pembentukan kampung sayur," ujarnya.

Ke depan, lanjutnya, kampung sayur akan terus dikembangkan dengan memperluas fungsinya, dari fungsi ketahanan pangan ke sektor yang lain, misalnya pariwisata dan pendidikan. (Han)