Upacara HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas

Tahun 2022 Pemerintah Kota Yogyakarta kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) untuk yang ke-13 atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2021.

Predikat ini kiranya merupakan bentuk apresiasi, atas kerja keras sinergi antar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan semua program kegiatan secara disiplin, transparan, tertib administrasi, tertib keuangan serta akuntabel.

WTP juga merupakan cerminan kinerja Pemkot dalam upaya mewujudkan tanggungjawab dan komitmen dalam menerapkan tata kelola Pemerintah yang baik (good governance). Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam Amanat upacara Pemkot pada Kamis (17/3) di ruang Yudhistira, Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Selanjutnya disampaikan agar seluruh OPD  menjaga prestasi serta kinerja tersebut, dengan disertai peningkatan kesejahteraan rakyat, sehingga manfaat Opini WTP tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Mari tingkatkan indikator kesejahteraan masyarakat seiring dengan implementasi keuangan dan pelaksanaan kegiatan APBD Kota Jogja”, kata Heroe.

Upacara Pemkot Yogyakarta di bulan Maret berbarengan dengan turunnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 yang menetapkan  tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Hal ini merupakan bentuk pengakuan bahwa Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta adalah sebuah momentum yang sangat penting dalam perjuangan rakyat Indonesia menegakkan kemerdekaan serta kedaulatan NKRI.

Dalam upacara itu juga disampaikan Selamat Ulang Tahun ke-103 kepada Pemadam Kebakaran yang mengusung tema “Pemadam Kebakaran dan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Sinergi Bahu-membahu Mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”. Dan Selamat Ulang Tahun ke-72 kepada Satuan Polisi Pamong Praja, dan Selamat Ulang Tahun ke-60 kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang bertemakan “Profesional dan Berintegritas Mewujudkan Penyelenggaraan Ketentraman Ketertiban Umum untuk Indonesia Maju dan Sehat’’.

Pemkot menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi, loyalitas, penuh tanggungjawab, yang telah  ditunjukkan segenap pengawal masyarakat selama ini dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam upaya meningkatkan ketertiban umum, menjaga keamanan serta melindungi masyarakat. Kondusivitas yang kita rasakan tidak lepas dari peranan penting Satpol PP, Satlinmas serta Damkarmat dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban umum.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Agus Winarto dalam kesempatan itu juga menyampaikan komitmennya untuk senantiasa meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia yang Maju dan Sehat.

“Satpol-PP siap menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dan  mendukung penerapan kebijakan PPKM, percepatan vaksinasi ke-3 (booster),  serta pendidikan perlindungan dan penegakan hukum Protokol Kesehatan di masyarakat,” ujar Agus.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Octo Noor Arafat yang menyampaikan kesiapannya untuk senantiasa menjalankan tugas yang diembannya beserta jajaran Damkarmat dalam upaya memberikan perlindungan pada masyarakat melalui sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak.  (ant)