Gowes Dodolan Kampung Kunjungi Perajin Miniatur

Dodolan Kampung adalah upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta untuk melihat secara langsung potensi yang ada di kampung kemudian melakukan proses branding dan memasarkannya. Diharapkan potensi kampung tersebut dikenal luas yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat. Kegiatan Dodolan Kampung dilakukan rutin setiap Jumat pagi dengan bersepeda mendatangi satu persatu kelurahan diikuti oleh Yogya Gowes terdiri dari LPMK, goweser dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Yogyakarta.

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi peningkatan sumber daya UMKM sangat diperlukan untuk mendukung Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata yang terkemuka. Hal itu disampaikannya dalam Gowes Dodolan Kampung yang singgah di Walidi Craft Pujowinatan Purwokinanti, Pakualaman pada Jumat (18/3).

"Banyak kolektor miniatur kendaraan yang bisa diakses bila produk yang dijual sesuai dengan ekspektasi mereka. Salah satunya adalah produk miniatur yang dibuat harus detail  agar lebih presisi dan sesuai dengan aslinya. Pengenalan perilaku konsumen akan menentukan segmen pasar yang akan diraih,  oleh karena itu akan sangat berbeda sebuah produk yang dibuat secara massal dengan produk hand made yang custom,” kata Heroe.

Ria pemilik Walidi Craft yang merupakan generasi keempat pewaris usaha dari kakek buyutnya menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada Pemkot Yogya yang telah singgah di Walidi Craft. Ia menceritakan pada tahun 1946 kakek buyutnya mengawali usaha di bidang kerajinan kuningan dengan membuat tempat lilin dan lonceng. Namun pada generasi berikutnya, seiring dengan adanya krisis moneter pada tahun 1998 maka mulai dirintis usaha miniatur kendaraan seperti sepeda dan becak.

“Alhamdulillah para penjual cindera mata dan konsumen perorangan dari berbagai kota seperti Semarang dan Bali telah menjadi pelanggan Walidi Craft. Usaha ini telah mengalami pasang surut dari generasi ke generasi,” ucap Ria

Agus salah satu peserta gowes dodolan kampung sangat gembira ketika menemukan produk miniatur sepeda Minion yang ada di tumpukan gudang. “Miniatur sepeda Minion ini seri yang besar sementara yang saya cari seri yang ukurannya lebih kecil namun tidak apa karena miniatur ini sudah menjadi pelengkap dari koleksi miniatur yang saya punya,” urai Agus.

Selain Agus juga banyak peserta yang membeli produk kerajinan Walidi Craft mulai dari lonceng kuningan hingga miniatur kendaraan, termasuk diantaranya Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang membeli miniatur kendaraan. Kegiatan gowes Dodolan Kampung mengambil rute dari Balaikota menuju Sewodanan Pakualaman, kerajinan batik Purwotaruntum, Walidi Craft, Makam Sosrobahu, Situs Mbah Jago dan finish di Hotel Putra Sabar.

Selain menyambangi UMKM juga dilakukan penyerahan paket bantuan untuk lansia dan keluarga kurang mampu sejumlah 10 paket yang diserahkan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi di tempat finish. (ant).