Wawali Buka Donor Darah Pemuda Pancasila

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi membuka kegiatan donor darah bertema Donor Darah Untuk Negriku yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Gondokusuman pada Sabtu (26/3) di Pendopo Kemantren Gondokusuman Yogyakarta. Kegiatan donor darah ini dilatarbelakangi meningkatnya kebutuhan darah akibat pandemi Covid-19 dan berkurangnya jumlah pendonor darah yang berdampak keterbatasan kemampuan pemenuhan kebutuhan darah. Kondisi tersebut mendorong Pemuda Pancasila untuk menggelar donor darah yang bekerjasama dengan PMI Cabang Kota Yogyakarta. 

"Jangan lelah berbuat baik meski hanya setetes darah namun yang setetes itu bisa membantu menyelamatkan saudara kita yang membutuhkan darah. Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh Pemuda Pancasila merupakan upaya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan darah," kata Wawali.

Lebih lanjut Wawali mengatakan melalui vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan Pemkot berupaya menekan kenaikan angka kasus penularan Covid-19 dan bersama masyarakat mewujudkan herd immunity agar mengubah pandemi menjadi endemi. Apabila Covid-19 sudah menjadi endemi maka aktivitas masyarakat berjalan  normal kembali dan kegiatan ekonomi bisa normal sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

“Semoga kegiatan sosial semacam donor darah bisa terus dilakukan secara berkelanjutan agar masyarakat terbantu dan bagi pendonor juga terjaga kesehatannya,” harap Heroe Poerwadi.

Ketua PAC Pemuda Pancasila Gondokusuman Edy Sulistiyono didampingi Ketua Cabang Pemuda Pancasila Kota Yogyakarta Rodix Agung menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kelanjutan kegiatan donor darah sebelumnya yang telah dilaksankan di Kantor Cabang PMI Kota Yogyakarta.

“Kami prihatin banyaknya permintaan darah dari pasien yang belum bisa terpenuhi dan melihat potensi yang dimiliki PP dimana banyak anggota yang telah secara rutin melaksanakan donor darah,” tutur Edy.

Salah seorang pendonor darah dari masyarakat umum Edward Nico Setiawan dan anggota PAC Pemuda Pancasila Gondokusuman Muhammad Gunawan menyampaikan rasa senangnya bisa ikut serta dalam kegiatan donor darah. Hal itu dilakukan karena mengingat sudah waktunya melakukan donor darah  kembali.

“Saya tadi kebetulan lewat dan melihat adanya kegiatan donor darah dan langsung ikut berpartisipasi, mengingat donor darah terakhir yang saya lakukan sudah enam bulan yang lalu,” tutur Nico.

Usai membuka kegiatan donor darah, Wakil Walikota Yogyakarta yang juga Ketua Pengurus Cabang PMI Kota Yogyakarta melakukan dialog dengan para pendonor dan mengucapkan terima kasih atas kepeduliannya terhadap sesama. (ant)