Genjot Wisata Lewat Yogya Kota MICE   

Rangkaian promosi pariwisata Jogjavaganza berupa kegiatan table top digelar pada Selasa (29/3/2022) oleh Pemerintah Kota Yogyakarta bersama asosiasi pariwisata. Jogjavaganza 2022 yang menekankan Yogyakarta sebagai kota Meeting Incentive Convention dan Exhibition (MICE) diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan menjadi komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta akan terus konsisten mengangkat dan mempromosikan semua potensi pariwisata di Kota Yogyakarta. Terutama agar terus dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan karena pariwisata menjadi penggerak ekonomi di Yogyakarta. Untuk itu kegiatan promosi pariwisata Jogjavaganza diadakan rutin setiap tahun.
“Jogjavaganza 2022 mengambil terobosan baru, yaitu mengedepankan Yogyakarta sebagai kota MICE. Kami siap untuk menerima bapak ibu yang berencana menyelenggarakan kegiatan MICE di Yogyakarta,” kata Wahyu saat kegiatan table top Jogjavaganza 2022 di Hotel Tara.
Kegiatan table top Jogjavaganza 2022 merupakan pertemuan business to business antara seller dari pelaku wisata di Kota Yogyakarta meliputi agen travel, hotel, restoran, daya tarik wisata dan pusat oleh-oleh dengan sekitar 80 buyer dari penyelenggara MICE. Kegiatan akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di antaranya membatasi jumlah orang di lokasi kegiatan.
“Kegiatan Jogjavaganaza 2022 diharapkan menjadi strategi promosi pariwisata yang efektif  karena menyasar target pasar spesfisik yaitu travel agent, event organizer, profesional conference organizer, kementerian, BUMN dan korporasi,” paparnya.
Pihaknya berharap melalui table top dapat menjadi jembatan bagi para seller dan buyer untuk bertemu serta melakukan transaksi nyata. Menurut Wahyu Jogjavaganza 2022 juga menjadi kesiapan industri pariwisata di Kota Yogyakarta era pandemi dengan citra baru dan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.
Sementara itu Asisten Perekonomian Sekretariat Daerah Pemkot Yogyakarta, Kadri Renggono menyampaikan kegiatan Jogjavaganza 2022 yang fokus pada MICE diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kegiatan dan acara yang diadakan di Kota Yogyakarta. Dengan kegiatan MICE di Yogyakarta yang meningkat dapat menimbulkan berbagai efek bagi sektor industri pendukung pariwisata seperti akomodasi, transportasi, kunjungan ke destinasi wisata, belanja wisatawan, tersedianya pasar bagi usaha mikro kecil menengah.
“Pada kegiatan table top ini, harapannya para peserta bisa mencapai banyak kesepakatan bisnis di antara buyer dan seller. Sehingga nantinya event-event  dapat  dilaksanakan di Kota Yogyakarta, dengan mengambil venue serta akomodasi dari Kota Yogyakarta. Semakin banyak menyelenggarakan MICE di Yogyakarta, semakin berkembang dan bangkit perekonomian Kota Yogyakarta,” terang Kadri.
Salah seorang buyer dalam table top Jogjavaganza, Guntur Ari Pamungkas menyatakan  kegiatan itu bermanfaat dan efektif bagi para buyer. Khususnya dirinya sebagai biro tur dan event organizer dari Purwokerto. Dari segi produk yang ditawarkan dia menilai sebagian baru dan cukup bersahabat untuk kerja sama.
“Bagus, banget sangat bermanfaat terutama buat buyer. Kami dari biro khususnya sangat terbantu, efektif dan efisien. Banyak yang baru juga, bersahabat dan bisa buat kerja sama,” tandas Guntur. (Tri)