Masjid Diponegoro Terapkan Prokes Salat Tarawih

Sejumlah masjid di Kota Yogya mulai menggelar salat Tarawih pada malam ini, Sabtu (2/4/2022). Beberapa diantaranya adalah Masjid Pangeran Diponegoro. Masjid yang berada di Komplek Balaikota ini pun telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti menyediakan masker, alat pengecekkan suhu, dan hand sanitizer bagi para jamaah. 

Penerapan protokol kesehatan di masjid ini juga sesuai dengan arahan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dengan harapan selama bulan Ramadan kasus Covid-19 di Kota Yogya melandai. Selain itu penerapan protokol kesehatan di masjid ini juga sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Agama yang mengatur pelaksanaan ibadah selama Ramadan sampai salat id. 

"Saya meminta kepada seluruh takmir dan seluruh warga mari ciptakan protokol kesehatan yang baik di masjid-masjid agar selama ramadan kasus Covid-19 betul-betul sangat landai,” kata Walikota ketika di temui beberapa waktu lalu. 

Walikota mengungkapkan keterlibatan masyarakat sangatlah penting. "Peran penerapan protokol kesehatan maupun mobilitas berada di tangan masyarakat," jelasnya. 

Orang nomor satu di Kota Yogya ini mengajak masyarakat agar patuh dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Tujuannya agar tak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di April 2022. "Kasus Covid-19 diharapkan juga terus melandai hingga Idul Fitri mendatang. Dengan demikian salat id bisa dilakukan dengan baik," ujarnya. (Han)