Menanti Menu Istimewa Gulai Kambing di Masjid Gede Kauman

Ada banyak masjid di Kota Yogyakarta yang menyediakan makanan buka puasa atau takjil gratis selama bulan Ramadan.

Salah satunya adalah Masjid Gede Kauman, berlokasi tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, masjid ini setiap harinya menyediakan 1.000 hingga 1.600 porsi takjil.

Bahkan pada setiap hari Kamis, Masjid Gede Kauman menyediakan menu takjil Istimewa, yakni gulai kambing. Sejak tahun 80-an menu ini menjadi favorit jamaah untuk berbuka bersama.

Namun selain hari Kamis, menu takjil di masjid ini bervariasi, seperti brongkos, asem-asem, sambal goreng krecek, serta opor ayam.

Takjil yang disediakan Masjid Gede Kauman tidak hanya diperuntukkan untuk umat muslim saja, tak jarang masyarakat dari latar belakang berbeda turut menikmati sajian takjil tersebut.  

Seluruh hidangan takjil di Masjid Gedhe Kauman murni hasil gotong royong atau sumbangan dari masyarakat.

Dalam pelaksanaan pembagian takjil gulai kambing ini akan berlangsung mulai pukul 16.00 WIB hingga saat menjelang berbuka puasa.

Pada pukul 17.00 WIB, serambi masjid sudah dipenuhi masyarakat yang datang dari berbagai tempat untuk mengikuti pengajian menjelang buka puasa.

Sambil menunggu berbuka dan menyantap hidangan, jamaah mendengarkan tausiyah menjelang waktu berbuka.

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif mengatakan pemilihan gulai kambing karena banyak masyarakat baik yang berasal dari dalam dan luar daerah menyukai menu tesebut.

"Kami punya kewajiban menggembirakan orang beribadah. Mereka harus kita dukung jangan sampai beribadah dalam keadaan sedih dan susah," katanya di lokasi, Kamis (7/4/2022).

Azman bercerita penyajian menu gulai kambing merupakan tradisi khas di Masjid Gedhe Kauman yang sudah mengakar sejak pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, serta pada masa kehidupan pendiri Muhammadiyah, Kiai Haji Ahmad Dahlan, pada 1868-1923.

Pada saat itu, Raja Keraton Yogyakarta memulai tradisi memberikan sedekah kepada kaum duafa, berupa menu makanan gulai kambing.

"Hingga saat ini, tradisi tersebut masih dilanjutkan di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta selama Ramadan," ujarnya.

Salah satu Jamaah di Masjid Gede Kauman, Raka Adiasta mengaku baru pertama kali menikmati menu gulai kambing ini.

"Saya kebetulan ada acara di dekat sini, jadi sekalian berbuka di Masjid Gede Kauman, kok pas menunya gulai kambing, rasanya enak," canda mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini. (Han)