Kerja Sama Zona Etika Lalu-Lintas di Taman Pintar Diperpanjang

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) kembali memperpanjang kerjasama dalam berbagai bentuk program dan konten yang dilaksanakan di Taman Pintar Yogyakarta. 

CSR Manager AHM, Agus Subagja mengatakan salah satu kerjasama tersebut melalui penyediaan alat peraga di wahana edukasi Zona Etika Lalu Lintas yang berada di area playground. 

"Periode kerjasama ini adalah 3 tahun terhitung dari tanggal 11 April 2022 – 10 April 2025," katanya di ruang Yudistira, Senin (11/4/2022).

Agus mengungkapkan melalui wahana edukasi ini, AHM juga berupaya memperkenalkan kepada pengunjung prinsip berkendara aman melalui alat simulasi Honda Riding Trainer.

"Pendidikan berlalu lintas diperlukan sejak dini untuk menumbuhkan kesadaran tertib lalu lintas," ujarnya. 

Pihaknya mangaku sangat antusias dengan kerjasama lanjutan Zona Etika Lalu Lintas tersebut . Menurutnya selain sebagai media promosi, AHM juga bisa melaksanakan kewajiban edukasi cara berlalu-lintas yang baik bagi masyarakat.

"Kami sudah bekerjasama dengan Taman Pintar sejak 2016 lalu dan menurut kami, selama ini berjalan dengan luar biasa baik. Semoga zona ini bisa menjadi daya tarik orang datang ke Taman Pintar dan bisa menjadi media pembelajaran yang menarik untuk masyarakat," ungkapnya. 

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan dengan perpanjangan kerjasama ini, Zona Etika Lalu Lintas diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang hadir. 

"Zona Etika Lalu Lintas ini sangat luar biasa bisa mengajarkan sejak dini tata krama berlalu-lintas, ini sangat menarik dan semoga semakin banyak pengunjung yang datang," ungkapnya.

Untuk diketahui, Zona Etika Lalu Lintas ini terbagi dalam dua area utama, indoor dan outdoor. Pada area indoor, pengunjung dapat menyaksikan tiga bagian utama yaitu informasi seputar teori dan praktik safety riding, sejarah dan perkembangan teknologi dan sepeda motor Honda, serta beragam contoh kegiatan yang menggambarkan tanggung jawab sosial perusahaan.

Sedangkan pada arena outdoor, pengunjung Taman Pintar dapat melihat sekaligus melakukan praktik belajar berkendara aman dan benar di jalan raya melalui beragam rambu lalu lintas yang ada di sana.

Sarana edukasi ini diharapkan dapat memperkuat upaya peningkatan kesadaran berkendara dengan baik dan benar di kalangan masyarakat, terutama anak-anak pengunjung Taman Pintar. (Han)